Mgr Untu Pimpin Misa 140 Tahun Baptisan Pertama Paroki Tataaran

  • Whatsapp
Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC

Tondano,DetikManado.com  – Umat Katolik di Paroki Santo Antonius dari Padua Tataaran merayakan Pesta Iman dalam bentuk Misa Syukur untuk memperingatan 140 tahun pembaptisan pertama. Misa ini dilaksanakan di Kasuang Spiritual Center (KSC) Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut). Perayaan ini juga dirangkaikan dengan penerimaan Sakramen Krisma yang diikuti 154 orang.

Misa syukur dipimpin Uskup Keuskupan Manado, Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC yang didampingi beberapa pastor, diantaranya Pastor Terry Ponomban Pr, Pastor Troy Kalengkongan Pr, Pastor Inosensius CSE, Pastor John Tinggogoy MSC dan Pastor Sukitno MSC.

Muat Lebih

Dalam khotbahnya, Mgr Rolly menekankan Sakramen Krisma merupakan lanjutan dari sakramen sebelumnya yakni Baptis dan Ekaristi (Komuni). Dengan diterimanya Sakramen Krisma, menandakan persatuan antara diri dan sesamanya, terlebih kepada Tuhan. “Saudara-saudari terkasih, sakramen krisma ini disebut sebagai keteguhan sakramen inisiasi. Itu berarti sakramen krisma mempunyai kekhasan dan kelebihan. Sakramen krisma ini dibedakan,” ucapnya.

Mgr Rolly juga berharap, penerima Sakramen Krisma dapat memaknai perjalan hidup imannya sesuai tema yang diangkat yang “Tuhan Tambahkanlah Iman Kami”, dikutip dari Injil Lukas 17:5 dalam Alkitab. “Kita mohon Roh Kudus dicurahkan ke kita dalam persekutuan dengan Tuhan, khususnya bagi calon-calon Krisma,” katanya.

Ketua I Dewan Pastoral Paroki, Matheus Nongka mengungkapkan, momen besar ini dikumpulkannya umat karena bahagia dan bersyukur akan sejarah Gereja Katolik di Paroki Tataaran 140 tahun lalu. “Kita memperingati baptisan 7 umat perdana kita. Itu tepatnya tanggal 9 Agustus 1879 lalu. Dan sekaligus, kita bersyukur, karena sebagian dari umat Paroki menerima sakramen krisma dari Bapak Uskup tadi,” ungkapnya dalam ucapan selamat datang.

Nongka mengatakan, dengan perkembangan dan pertumbuhan dunia, Tuhan tetap memberikan hikmahnya sampai sekarang. “Tuhan menyertai kita dalam perjuangan hidup kita di tengah dunia ini,” ucapnya.

Pantauan DetikManado.com, hadir pejabat pemerintah mewakili Gubernur Sulut, Drs Edwin Kindangen MSi, Kepala Biro Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Sulut yang juga Ketua Kaum Bapak Katolik (KBK) Keuskupan Manado. Selain itu, Ir Hengky Kaunang, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Minahasa.

Sebelum acara puncak Pesta Iman dirayakan, umat Katolik di Paroki Santo Antonius dari Padua Tataaran dan beberapa Stasi menggelar beberapa kegiatan untuk menyongsong peringatan 140 tahun pembaptisan pertama. (rf)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *