AMSI Bahas Kolaborasi Memajukan Pelaku UMKM di Sulut

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Manado Hendrik Warokka saat membuka talkshow di God Bless Park Manado, Kamis (4/11/2021).

“Kemudian butuh pihak yang dapat membimbing sehingga petani dan pelaku UMKM bisa menghasilkan produk berkualitas,” tutur Warokka.

Dia mengatakan, dalam kondisi maka maka dibutuhkab kolaborasi untuk menghasilkan produk yang siap ekspor sesuai standar. Kegiatan ini adalah berkat. Karena saat Pemkot Manado sedang menggenjot pelaku IKM/UMKM untuk tetap melakukan kegiatan usaha bisnisnya ini, tidak gampang.

Bacaan Lainnya

“Ritel-ritel modern sekarang tutup. Sehingga kita bisa bertahan karena ada kolaborasi,” ujarnya.

Begitu pemerintah menyiapkan fasilitas, aktifitas ekonomi terus berlangsung. Bahkan beberapa pelaku UKM kekurangan tenaga kerja. Di lain sisi, ada beberapa ritel di Manado harus merumahkan tenaga kerja.

“Tapi di tempat ini mereka butuh tenaga kerja. Artinya pelaku IKM/UMKM sangat kuat untuk menghadapi gejala kontraksi ekonomi akibat pandemi,” papar dia.

Warokka memaparkan, kegiatan itu memberikan warna tersendiri bagi kegiatan UKM. Ini memberikan kemampuan tersendiri dalam kegiatan usaha. Olehnya dia sangat berterimakasih.

Komentar Facebook

Pos terkait