Gelombang Tinggi Laut Genangi Pusat Perbelanjaan di Manado, Ini Penjelasan BMKG

  • Whatsapp

Manado, DetikManado.com – Gelombang tinggi air laut di Sulut telah meluap sampai ke badan jalan di sejumlah kawasan pantai yang ada di Sulut terlebih khusus di kawasan pusat perbelanjaan yang ada di Kota Manado, Minggu (17/01/2020) malam.

Terkait hal ini, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung Daryatno mengatakan terdapat daerah sirkulasi di sebelah selatan Filipina.

“Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari barat laut – timur laut dengan kecepatan 10 – 25 knot,” beber Daryatno.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan, umumnya bergerak dari barat daya – barat laut dengan kecepatan yang sama. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Sulawesi, perairan Kepulauan Sangihe, Talaud, Laut Maluku bagian utara, dan Teluk Tomini bagian timur.

“Tingginya kecepatan angin, durasi, dan panjangnya hembusan dapat mengakibatkan peningkatan tingginya gelombang disekitar wilayah tersebut,” tandas Daryatno.(ml)

Berikut Data Gelombang Tinggi dari BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung

  • Tinggi Gelombang 1,25 – 2,5 M (Moderate Sea) Berpeluang Terjadi di Perairan Utara Sulut, Perairan Kepulauan Sitaro, Perairan Bitung dan Likupang, Laut Maluku, Laut Sulawesi
  • Tinggi Gelombang 2,5 – 4,0 M (Rough Sea) berpeluang terjadi di Laut Sulawesi bagian Timur, Perairan Kepulauan Sangihe, Perairan Kepulauan Talaud, Sebelah Barat Perairan Kepulauan Sitaro, Laut Maluku bagian Utara.(ml)
Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email