KPU Manado Mulai Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2024

Kepala Dinas Kominfo Kotamobagu, Moh Fahri Damopolii.(Foto: tangkapan layar Dinas Kominfo Kotamobagu)

Manado,DetikManado.com – KPU Manado mulai melaksanakan Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024 di Tingkat Kota,Jumat (01/03/2024).

Adapun Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 berjumlah 353.325 orang.Jumlah ini berasal dari 87 Kelurahan yang ada di 11 Kecamatan.

Total 353.325 orang pemilih ini tersebar di 1.369 Tempat Pemungutan Suara (TPS) reguler dan dua TPS khusus.

Tampil perdana panitia pemilihan kecamatan (PPK) Bunaken Kepulauan yang membacakan hasil rekapitulasi dari wilayah kepulauan Manado.

Ketua KPU Kota Manado Ferley Kaparang menuturkan penyelenggaraan rapat pleno terbuka berdasarkan keputusan KPU Nomor 219 Tahun 2024 tentang Petunjuk Pelaksanaan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dalam Pemilihan Umum.

“Proses pemungutan suara Pemilu di Kota Manado pada 14 Februari 2024 lalu berlangsung lancar, aman dan kondusif,”jelas Ferley.

Hal ini menunjukkan keseriusan penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU Manado sudah sampai di tahapan yang krusial.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak,baik masyarakat, TNI/Polri,jajaran KPU yang sampai saat ini membantu menjaga kondusifitas jelang dan pasca pelaksanaan pemilu 2024,”ucapnya.

Ferley mengatakan,walaupun situasi kondusif,pihaknya memberi apresiasi kepada pengamanan masih tetap setia bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif hingga saat ini.

“Saya berharap proses rekapitulasi yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar,serta dapat diterima oleh semua pihak,”kata Ferley.

Rangkaian rapat pleno rekapitulasi diawali dengan pembacaan formulir model D hasil dari PPK di Kota Manado. Setelah itu dilakukan sinkronisasi dengan hasil rekap dari aplikasi Sirekap.

“Rapat pleno terbuka rekapitulasi dihadiri para saksi dari 18 parpol peserta pemilu di tingkatan Kota Manado,”tuturnya.

Saksi Partai Demokrat Kota Manado Srikandi melihat proses Rekapitulasi hari ini berjalan aman dan sesuai aturan yang ada,sehingga dia berharap Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024 ini berjalan lancar hingga beberapa hari kedepan.

“Rapat ini hanya melanjutkan hasil dari pleno kecamatan.KPU sudah bekerja dengan baik,”tandasnya.

Komentar Facebook