PB ESI Sulut Resmi Terima AD/ART

  • Whatsapp
Sejumlah pengurus ESI Sulut. (Foto: Ist)

Manado, DetikManado.com – Geliat olahraga eSports di Sulut saat ini semakin berkembang pesat. Cabang olahraga baru ini sangat digandrungi semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Guna mewadahi olahraga eSports tersebut, terbentuklah Pengurus Besar (PB) eSports Indonesia (ESI). Prestasi pun mulai dicetak terutama para atlet-atlet yang berasal dari daerah Nyiur Melambai ini.

Bacaan Lainnya

Di Sulut sendiri, Pengurus Provinsi PB ESI telah terbentuk sejak bulan Maret 2020 dimana Rio Dondokambey ditunjuk menjadi Ketua Harian.

Sementara itu, mereka secara resmi telah menerima Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART), guna menjadi panduan dalam menjalankan roda organisasi.

Pada kesempatan tersebut AD dan ART diserahkan Ketua Umum PB ESI Sulut Kolonel Laut (P) Adriansyah yang juga sebagai Kepala Badan Intelijen Negara Daerah Sulut (Kabinda Sulut), di salah satu restoran yang ada di Kota Manado.

Ketua Harian ESI Sulut, Rio Dondokambey mengungkapkan rasa syukur atas diterimanya AD dan ART organisasi dari Pengurus Pusat PB ESI kepada Pengurus Provinsi PB ESI Sulut.

“Saya bersyukur sudah kami terima, sehingga kami dapat fokus bekerja memajukan olahraga eSports di daerah ini,” singkatnya.

PB ESI Sulut sendiri sebelumnya telah aktif melakukan konsolidasi ke Kota dan Kabupaten dan juga aktif menggelar beberapa turnamen eSports dengan berbagai macam permainan atau game seperti PUBG, Mobile Legend, dan Free Fire.

Kedepannya PB ESI akan fokus membina atlet eSports baik game Console, PC maupun Mobile serta ekosistem eSports lainnya di Sulawesi Utara.

Sekedar informasi, PB ESI sendiri telah diresmikan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga pada 18 Januari 2020 di Jakarta dan menunjuk Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Polisi (Purnawirawan) Budi Gunawan sebagai ketua umum.

PB ESI juga telah diterima sebagai anggota KONI sebagai satu-satunya organisasi resmi induk cabang olahraga eSports di Indonesia pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI 2020 pada 27 Agustus 2020.

Dengan demikian secara resmi Pemerintah Indonesia menyetujui dan menunjuk PB ESI sebagai satu-satunya badan resmi pemerintahan yang menaungi esports sebagai olahraga prestasi di bawah KONI.

Olahraga Elektronik atau eSports ini juga sudah resmi menjadi cabang olahraga prestasi nasional dan bisa dipertandingkan di kompetisi resmi tingkat nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON).

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris PB ESI Sulut Christian Yokung, Wakil Sekretaris Tony Kullit, dan Wakil Bendahara Jendra Kolompoy.

Selain itu, Kabid Organisasi Rifky Roring, Kabid Wasit dan Pelatih Gorga Silalahi, Kabid Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Vian Rondonuwu, dan Kabid Atlet, Prestasi dan IT Ayu Endey. (ml)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait