Rapor Pendidikan Versi 2.0, Upaya Membenahi Kualitas Pembelajaran Satuan Pendidikan

Proses belajar siswa di sekolah. (Foto: Yoseph Ikanubun/DetikManado.com)

Jakarta, DetikManado.com – Rapor Pendidikan Versi 2.0 yang diluncurkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada Mei 2023, menjadi platform terbaru bagi satuan pendidikan di Indonesia.

Melalui fitur terbarunya yang lebih efektif, Rapor Pendidikan Versi 2.0 lebih update dibandingkan rapor pendidikan sebelumnya. Ini menjadi salah satu upaya membenahi kualitas pendidikan tingkat satuan pendidikan.

Bacaan Lainnya

Plt Kepala Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan Kemendikbudristek Irsyad Zamjani mengatakan, pembaruan ini dilakukan berdasarkan hasil evaluasi dan masukan-masukan dari kepala sekolah, guru, maupun pengguna lainnya.

Selain perubahan desain dan fitur, informasi yang disampaikan di dalam rapor pendidikan versi terbaru ini juga berbeda seperti pada ringkasan, informasi nilai delta, dan indikator-indikator prioritas akar masalah.

“Kita mendorong satuan pendidikan untuk melakukan refleksi, menganalisis, dan mengevaluasi capaiannya sehingga bisa merumuskan perencanaan yang berbasis data,” ujarnya sebagaimana dikutip dari laman Kemendikbud.

Komentar Facebook

Pos terkait