SIEJ Bekali Jurnalis dan Aktivis di Sulut Terkait Safety Holistic

Pelaksanaan Safety Holistic Training oleh SIEJ pada Rabu – Minggu (16-20/8/2023), di Sintesa Peninsula Hotel Manado. (Foto: Dokumentasi SIEJ Simpul Sulut)

Dewan Pengawas SIEJ Nasional Bambang Muryanto dalam materi Manajemen Resiko mengatakan, setiap jurnalis dan aktivis berpotensi mengalami resiko keselamatan secara sadar atau pun tidak sadar. Tentunya mitigasi resiko itu perlu dilakukan, dan dalam pelatihan ini setiap peserta dibekali dengan cara memanajemen resiko dengan cara mitigasi resiko.

“Walaupun permasalahan tidak sepenuhnya bisa dihindari, tetapi dengan melakukan mitigasi, setidaknya dapat mengurangi,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Salah satu peserta, Muhamad Irzal mengatakan, kegiatan Safety Holistic merupakan kesempatan berharga bagi setiap peserta karena memberikan pemahanan terkait manejemen resiko, manajemen stres dan social enginering yang mungkin masih banyak pihak tidak sadar akan dampaknya.

“Seluruh materi kegiatan yang disajikan kepada kami peserta, sangat bermanfaat apalagi kita semua dibekali cara untuk memitigasi resiko, dan mengamankan data, yang faktanya masyarakat Indonesia saat ini kerap mengalami masalah data digital,” ujarnya.

Salah satu jurnalis senior ini menambahkan, tidak menutup kemungkinan masalah data digital ini bisa terjadi di daerah ataupun di lingkungan terdekat. (Yoseph Ikanubun)

 

Komentar Facebook

Pos terkait