Siloam Hospitals Manado Berikan Edukasi Organ Hati Agar Berfungsi Normal

“Jika sudah dalam tahap kerusakan, maka pengobatan dapat dilakukan berupa antivirus untuk penyakit hati yang disebabkan oleh virus atau menkonsumsi obat untuk gejala yang muncul, atau bahkan akan dilakukan pembedahan dan transplantasi jika sudah terjadi sirosis atau gagal hati” ungkap Waleleng.

Organ Hati merupakan organ yang sangat penting dalam pengaturan keseimbangan tubuh, mempunyai berat antara 1.2kg – 1.8kg atau dapat dikatakan berkisar 2.5% dari berat badan normal orang dewasa.

“Organ ini berwarna merah kecoklatan dan terletak dibawah diafragma kanan, dilindungi bagian bawah tulang iga kanan dengan kondisi normal, kenyal dan permukaan yang licin,” terangnya.

Pada tata laksana organ hati, Andrew mengatakan, bahwa tes (medis) fungsi hati dilakukan di dalam laboratorium pada Enzim SGOT/ AST dengan nilai normal 10-40 IU/L dan SGPT/ALT.

“Nilai normal yang berkisar 5 – 35 IU/L dengan interpretasi akan meningkat sesuai inflamasi dan atau nekrosis Hepatosit, biasanya tidak diperlukan untuk mengukur keduanya namun rasio AST : ALT lebih besar dari 2 akan terdiagnosis kecendrungan penyakit Hepatitis Alkohol,” bebernya.

Komentar Facebook