SMKN 8 Manado Luluskan 66 Siswa, Bangkit Menuju Indonesia Emas!

Prosesi penamatan siswa Kelas XII SMKN 8 Manado pada, Senin (20/5/2024).

“Anda sudah dua kali PKL di dunia kerja, belajar bekerja, menikmati pekerjaan yang sesungguhnya dengan skill Anda,” ujarnya.

Selanjutnya “M” yaitu melanjutkan pendidikan. Bukan berarti lulus SMK terus berhenti pendidikannya. Bagi yang ingin mempertajam ilmu, silahkan masuk kampus apakah Akademi, Politekhnik, atau Universitas.

Bacaan Lainnya

“Supaya pengetahuan Anda di-upgrade. Terbuka peluang untuk masuk di berbagai perguruan tinggi di dalam maupun di luar negeri. Karena saat di SMK, Anda sudah dibekali bukan saja ketrampilan supaya bekerja, tetapi juga ilmu,” ujarnya.

Hal yang ketiga adalah “W” yang berarti wirausaha. Menurutnya, selama belajar di SMK ada unit produksi. Itu merupakan tempat untuk belajar bagaimana menciptakan lapangan kerja, menjadi wirausaha yang mandiri.

“Bukan hanya mencari kerja, tetapi mencipatakan lapangan kerja. Sehingga paripurna. Anda sudah dibekali dengan semua ilmu dan ketrampilan supaya nantinya mampu bersaing,” ujarnya.

Berdasarkan data yang ada, sebanyak 66 siswa yang dinyatakan lulus itu berasal dari 3 kompetensi keahlian yakni Tekhnik Kendaraan Ringan dan Otomotif sebanyak 10 orang, Tekhnik Bisnis Sepeda Motor (8), dan Tekhnik Komputer dan Jaringan sebanyak 48 orang.

Para siswa yang dinyatakan lulus ini setelah memenuhi berbagai persyaratan yakni menyelesaikan proses belajar mengajar dari Kelas X hingga XII, memiliki nilai sikap minimal “baik”, dan menyelesaikan PKL 1 pada Kelas XI, dan PKL 2 pada Kelas XII.

Selanjutnya mengikuti Ujian Sekolah pada 18-27 Maret 2024, Ujian Akhir Semester 2 – 5 April 2024, dan Uji Kompetensi Keahlian pada 22 – 24 April 2024. (Yoseph Ikanubun)

 

 

Komentar Facebook

Pos terkait