3 Pesawat Tempur F-35 RAAF Australia Mendarat di Lanud Sam Ratulangi Manado, Ada Apa?

Pesawat F-35 RAAF Australia saat tiba di Lanud Sam Ratulangi Manado. (foto: dok Lanudsri)

Manado, DetikManado.com – Rombongan pertama delegasi Angkatan Udara Australia (RAAF) yang akan mengambil bagian dalam Latihan Bersama (Latma) Elang Ausindo 2023 telah tiba di Lanud Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. Kamis (14/9/2023).

Rombongan tersebut terdiri dari tiga Pesawat F-35 RAAF Australia.

Kedatangan pesawat ini merupakan bagian dari persiapan untuk latihan bersama yang rencananya akan diadakan dalam beberapa hari ke depan.

Rombongan besar RAAF yang terdiri dari tiga pesawat F-15A, satu C-17, satu KC30, dan satu C-130J dijadwalkan tiba pada Jumat (15/9/2023).

Latihan Elang Ausindo 2023 akan mencakup berbagai jenis latihan termasuk Dissimilar Basic Fighter Manuever, Dissimilar Air Combat Manuever, Offensive Counter Air, dan Defensive Counter Air.

“Tujuan utama dari latihan tersebut adalah untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalitas penerbang tempur dalam operasi bersama yang melibatkan Pesawa Tempur F-16 Fighting Falcon TNI AU dari Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, serta Pesawat Tempur F-35 dari RAAF,” jelas Kapen Lanud Sam Ratulangi, Mayor Dhanu Wijaya Kusuma, melalui siaran pers yang diterima DetikManado.com, Minggu (17/09/2023).

Komentar Facebook