Basarnas Manado Evakuasi Turis Asal Inggris yang Cedera di Gunung Soputan

Tim membantu merawat luka, memberikan treatment untuk mengurangi rasa sakit pada kepala turis asal Inggris di Gunung Soputan pada, Jumat (10/5/2024). (Foto: Basarnas Manado)

Ratahan, DetikManado.com – Basarnas Manado berhasil mengevakuasi seorang turis asal Inggris yang mengalami cedera di bagian kepala saat mendaki Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulut,  pada, Jumat 10/5/2024).

Kepala Kantor SAR Manado Monce Brury mengungkapkan, turis bernama Lois (64) itu, mengalami benturan di kepala setelah dihantam sebuah batu berukuran besar ketika menuruni puncak Gunung Soputan menuju basecamp.

Bacaan Lainnya

“Lois mendaki Gunung Soputan bersama keluarganya, Richard Wilsan (65), dan Ester Wilsan (32), dibantu 3 guide warna lokal,” ujar Monce Brury.

Dia menuturkan, saat mendaki, para turis sempat sampai ke puncak dan menggunakan helmet. Namun ketika mau menuju ke basecamp, Lois terkena reruntuhan batu yang sangat besar sampai helmet yang digunakannya pecah dan menyebabkan cidera di bagian kepala.

“Ketika kami mendapat laporan ini, Basarnas Manado langsung mengerahkan 1 tim rescue Pos SAR Amurang untuk mengevakuasi korban, dikarenakan lokasi dengan Gunung Soputan lebih dekat,” ujarnya.

Komentar Facebook

Pos terkait