Begini Kata Siswi SMAN 3 Bitung Soal Pelatihan Jurnalistik

Manado,DetikManado.com– Ratusan siswa SMAN 3 Bitung ikuti Pelatihan Jurnalistik yang dilaksanakan oleh Jurnalis Pendidikan Sulut (JPS) bertempat di aula SMAN 3 Bitung, Rabu (12/4/2024).

Pelatihan dimulai dengan materi pertama oleh Yoseph Ikanubun terkait Pers dan Jurnalistik,yang dimana para siswa diperkenalkan soal sejarah pers,pengertian pers,jenis-jenis media massa,serta bagaimana kerja wartawan berdasarkan UU Nomor 40 tahun 1999.

Materi kedua disampaikan oleh Zulkifli Madina yang mengangkat topik terkait Tekhnik Wawancara dan Reportase serta bagaimana mempersiapkan sebuah reportase.

Sedangkan di sesi terakhir disampaikan oleh Ferdinand Putong yang membahas Tekhnik Menulis Berita,Pengertian Jenis,Unsur serta Struktur Berita.

Airin Sendauasale siswi Kelas XI Jurusan Bahasa mengaku sangat bersyukur dan antusias dengan adanya pelatihan jurnalistik tersebut.

“Materi-materi yang diberikan sangat spektakuler yang membuat para peserta ingin menjadi seorang Jurnalis,”ujarnya.

Dia mengapresiasi beberapa materi yang membahas soal Misinformasi dan Disinformasi yang dapat menjadi bekal para siswa menghadapi era digital saat ini.

“Saya juga berterima kasih kepada kakak-kakak Jurnalis yang sudah menyeberang lautan untuk datang ke Pulau Lembeh dan berbagi ilmu dengan kami,”tandasnya.(ml)

Komentar Facebook