Cara Membuat Hand Sanitizer dan Desinfektan Menurut Bidokkes Polda Sulut

  • Whatsapp
Bidokkes Polda Sulut melakukan demonstrasi cara membuat hand sanitizer dan disinfektan yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Manado, DetikManado.com – Sebagai upaya mencegah berkembangnya Virus Covid-19 di daerah nyiur melambai, Bidokkes Polda Sulut melakukan demonstrasi cara membuat hand sanitizer dan disinfektan yang bisa dibuat sendiri dirumah.

Kabid Dokkes Polda Sulut Kombes Pol dr Freddy Worang mengatakan demonstrasi itu telah disesuaikan dengan keadaan alat, bahan baku yang terbatas dan efisiensi cara pembuatan tanpa mengurangi efektivitas hand sanitizer dan cairan desinfektan sehingga dapat dilakukan oleh awam.

Bacaan Lainnya

“Disarankan untuk menghindari paparan di daerah mata dan jauh dari sumber api ketika melakukan peracikan,” ujar dr Worang, Jumat (20/03/2020).

Untuk bahan dan alat pembuat hand sanitizer sendiri yaitu menggunakan alkohol 95 %, aloevera gell, hydrogen peroksida 3 %, pewangi dan botol.

“Cara membuatnya dengan memasukkan pewangi yang tidak mengandung minyak ke dalam botol, bahan ini bisa merupakan optional atau biss digantikan air steril,” tuturnya.

Lanjutnya, masukan Aloe vera 1/4 wadah kemudian masukkan hidrogen peroxide 3% dan dikocok sampai hangat dan berbusa. Setelah mulai dingin, masukan alkohol 95 % sebanyak 3/4 dan kocok. Bila menggunakan alkohol 70 % akan sulit mempertahankan hasil akhir produk untuk dapat mencapai 60 % dan menghasilkan produk akhir yang lebih encer, gampang menguap dan kurang efektif.

Sedangkan, untuk membuat desinfektan yaitu dengan menggunakan pemutih pakaian yang mengandung chlorine (bayclean), pembersih lantai yang mengandung benzalkonium (wipol), hidrogen peroxide 3%, bahan lain berupa karbol atau kaporit, air steril (aqua 1 liter).

“Cara pembuatan untuk 1 liter, masukan bayclean 100 ml, wipol 50 ml, air 800 ml lalu dicampur, masukan hidrogen peroxide secukupnya kemudian di tutup lalu di kocok,” terangnya.

Dia menambahkan, semprotkan pada bagian benda yang akan dibersihkan, hindari paparan cairan ini dengan mata, disarankan untuk menggunakan kaca mata, lalu biarkan selama 30 – 40 menit.

“Setelah itu dapat dibersihkan menggunakan kain pell yang direndam dengan chlorine atau bayclean,” pungkas dr Worang. (ml)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *