Hasil Baik Penanganan Pandemi Covid-19 di Sulut

  • Whatsapp
Jubir Satgas Covid-19 Provinsi Sulut, dr Steaven Dandel. (Foto: DetikManado.com/Yoseph Ikanubun).

Manado, DetikManado.com – Satgas Covid-19 Provinsi Sulut kembali melaporkan perkembangan pandemi Covid-19 di Sulut. Hasilnya semakin membaik di mana jumlah kasus baru positif terus menurun, sedangkan pasien yang sembuh kian meningkat.

“Ada penambahan kasus baru terkonfirmasi positif sebanyak 43 kasus,” ungkap Jubir Satgas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel, Jumat (24/9/2021).

Bacaan Lainnya

Dengan bertambahnya puluhan kasus baru itu, maka jumlah akumulasi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulut sebanyak 33.942 kasus. Sedangkan untuk kasus meninggal dunia bertambah sebanyak 2 orang, sehingga jumlah akumulasinya mencapai 1.016 orang.

“Jika dibanding dengan beberapa waktu sebelumnya, jumlah kasus baru positif Covid-19 ini cenderung menurun,” ujarnya.

Dandel juga melaporkan adanya penambahan kasus sembuh dari Covid-19 sebanyak 59 orang. puluhan kasus sembuh ini berasal dari Kepulauan Talaud (4), Bitung (3), Tomohon (39), Bolmong Timur (8), dan 5 kasus dari Kotamobagu.

“Jumlah akumulasi pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh sebanyak 31.954 orang,” kata Dandel.

Hingga Jumat (24/9/2021), jumlah kasus aktif Covid-19 di Sulut sebanyak 972 orang, atau sebesar 2,86 persen. Angka kesembuhan Covid-19 adalah 94,14 persen, dan Angka kematian atau case fatality rate sebesar 2,99 persen.

Meski terus menunjukan hasil membaik, namun Dandel terus mengingatkan warga agar tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini untuk mewaspadai gelombang ketiga penyebaran Covid-19.

“Protokol kesehatan harus tetap dijalankan secara ketat, meski saat ini kasus baru Covid-19 cenderung menurun,” kata Dandel.

Selain menerapkan prokes, Dandel juga mengajak warga untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19 guna mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok. Apalagi stok vaksin tersedia bagi warga yang akan divaksin dosis pertama maupun kedua.

“Vaksinasi ini sebagai cara mencapai kekebalan komunitas, sehingga kita terus mengajak warga untuk mengikuti vaksinasi,” kata Dandel. (joe)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait