Kapolda Sulut Lakukan Pemantauan, Pastikan Malam Takbiran Berjalan Aman

Manado,DetikManado.com – Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno memimpin langsung patroli kota untuk memantau pengamanan dan situasi malam takbiran Idul Fitri 1443 H di wilayah Manado, Minggu (1/5/2022).

Patroli yang dimulai sekitar pukul 20.45 WITA tersebut diikuti oleh Wakapolda Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir dan seluruh Pejabat Utama Polda Sulut.

Patroli malam ini menyisir beberapa ruas jalan utama di Kota Manado. Dengan rute Mapolda Sulut-Jalan Piere Tendean (Boulevard)-Jembatan Soekarno-Boulevard 2 Tuminting-Tikala-Jalan Sam Ratulangi-Mapolda Sulut.

Dalam patroli tersebut, Irjen Pol Mulyatno pun menyempatkan diri untuk menghadiri sejenak sekaligus memantau situasi kegiatan takbir akbar di Masjid Besar Miftahul Jannah Jalan Piere Tendean.

“Saya sangat senang dan bangga terhadap saudara-saudari khususnya umat Muslim yang telah mematuhi anjuran pemerintah untuk tetap takbiran di masjid. Dan untuk Salat Idul Fitri boleh juga di lapangan namun tetap harus mematuhi protokol kesehatan,” singkatnya.

Sementara itu Dirlantas Polda Sulut Kombes Pol Robertho Pardede sesaat usai patroli menjelaskan, berdasarkan hasil pantauan tidak ada takbiran keliling.

“Takbiran dilaksanakan di masjid-masjid, tidak ada yang takbiran keliling,” ujarnya, di Mapolda Sulut.

Lanjut Kombes Pol Pardede, terkait hari libur beberapa waktu ke depan, banyak masyarakat yang memanfaatkan malam liburan ini untuk jalan-jalan maupun makan bersama keluarga.

“Seperti di sekitar Jembatan Soekarno arah Boulevard 2 banyak kendaraan bermotor khususnya roda 2 yang berhenti di pinggir jalan sehingga mengakibatkan adanya perlambatan dan kemacetan,” katanya.

Menyikapi hal tersebut, terang Kombes Pol Pardede, pihak kepolisian langsung menurunkan kendaraan pengurai massa untuk menyampaikan imbauan kepada masyarakat supaya tidak berhenti di pinggir jalan.

Pardede mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam perayaan Idul Fitri ini.

“Termasuk usai pelaksanaan Salat Idul Fitri, masyarakat diimbau merayakan Idul Fitri bersama keluarga, tidak usah jalan-jalan dulu mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19,” pungkasnya.(Mikhael Labaro)

Komentar Facebook