Mensos Tri Rismaharini Kunjungi Warga Terdampak Banjir di Sulut

  • Whatsapp

Manado, DetikManado.com – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meninjau warga yang terdampak banjir yang melanda Kota Manado dan Kabupaten Minahasa akibat hujan deras dan angin kencang disertai longsor beberapa hari yang lalu.

Dalam kunjungan ke lokas banjir ini, Mensos Tri Rismaharini didampingi Wagub Sulut Steven Kandouw dan Pejabat Forkompinda ke beberapa titik lokasi banjir dan tanah longsor.

“Kita telah memberikan bantuan dan santunan untuk keluarga korban dan saya juga tadi dapat laporan Wagub Steven Kandouw maupun Wali Kota untuk perbaikan-perbaikan insfratruktur terutama saat banjir dan relokasi warga ke rumah susun,” ujar Rismaharini, Rabu (20/01/2021) pagi.

Lanjut dia, untuk bantuan yang diberikan ada berupa barang, makanan, peralatan dapur yang jika terjadi bencana mereka kehilangan peralatan seperti itu dan juga pemberian santunan.

“Kedepannya mungkin ada perbaikan infrastruktur dan saya juga menganalisa terkait dengan banjir Rob yang dimana air laut naik sementara dari atas curah hujan tinggi sehingga air yang dari atas tidak bisa keluar karena air lautnya tinggi,” jelasnya.

“Karena itu kedepannya harusnya ada pompa untuk mengurangi air yang dari atas dan pintu air untuk menahan air dari laut,” beber Rismaharini.

Dia menambahkan, terkait dengan tanah longsor, menurutnya warga yang tinggal di daerah rawan seperti itu memang harus dipindahkan karena struktur tanah memang tidak memungkinkan dan pihaknya akan membuat laporan ke presiden untuk pembuatan rumah susun.

“Kondisi sekarang ini memang membuat kita harus bersahabat dengan alam tetapi kita tidak bisa menunggu itu harus ada penyelesaiannya,” tandas Rismaharini.(ml)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.