Nama Letjen TNI AJ Mokoginta Diabadikan Menjadi Nama Kolam Renang di Seskoad

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr Dudung Abdurachman menandatangani prasasti meresmikan kolam renang AJ Mokoginta di Seskoad, Kamis 19 Januari 2023. (foto: Dispenad)

Bandung – TNI Angkatan Darat mengabadikan nama Letnan Jenderal TNI (Purn.) Ahmad Junus Mokoginta atau biasa juga dikenal sebagai AJ Mokoginta, menjadi nama Kolam Renang di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad).

Kola mini kemudian diresmikan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr Dudung Abdurachman, bertempat di Seskoad, Bandung, Kamis (19/1/2023).

Dikutip dari laman situs tniad.mil.id, diabadikannya nama Ahmad Junus Mokoginta sebagai nama kolam renang, sebagai bentuk penghormatan terhadap dedikasi dan integritasnya selaku Komandan Seskoad (Danseskoad) pertama dan ketiga (kala itu masih berpangkat Letkol Infanteri).

Dalam sambutannya, Kasad Dudung menyampaikan apresiasi kepada Seskoad serta semua pihak yang telah membantu mewujudkan kolam renang Ahmad Junus Mokoginta sebagai tambahan fasilitas pendukung pendidikan di lingkungan Seskoad.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr Dudung Abdurachman saat meresmikan kolam renang AJ Mokoginta di Seskoad, Kamis 19 Januari 2023. (foto: Dispenad)

Menurut Dudung, fasilitas ini akan sangat bermanfaat bagi prajurit dan keluarga, serta lingkungan sekitar. Khususnya untuk meningkatkan profesionalitas prajurit dan siswa Seskoad, serta mampu mempererat kemanunggalan TNI dan Rakyat.

“Kolam renang ini sangat bermanfaat untuk pembinaan kebugaran. Jadi pesan saya, ini dimanfaatkan dengan baik, dan bagi keluarga besar Bapak Ahmad Junus Mokoginta Mokoginta, ini merupakan suatu kehormatan dan penghargaan kita mencantumkan nama beliau,” ujar Kasad, melalui keterangan resminya.

Sementara itu, selain menyampaikan terima kasih kepada Kasad beserta semua pihak yang telah membantu dalam pembangunan kolam renang AJ Mokoginta.

Danseskoad, Mayjen TNI Anton Nugroho, dalam sambutannya juga menyampaikan kepada Kasad, bahwa pihaknya telah melaporkan kepada Menhan RI terkait permohonan dukungan air panas di kolam renang AJ Mokoginta.

Keluarga Letjen TNI (Purn.) Ahmad Junus Mokoginta turut hadir dalam peresmian kolam renang AJ Mokoginta. (foto: Dispenad)

“Sehingga, Bandung yang dingin ini, tetap bisa hangat berenang disini, seperti yang di Oasis itu, dan kita juga minta lahan yang disana untuk kolam kecil untuk anak-anak dan keluarga,” terangnya.

Usai meresmikan kolam renang, Kasad menyerahkan tali asih kepada keluarga Letjen TNI Purn A.J. Mokoginta. Selanjutnya, Kasad menerima laporan kesiapan Penyelenggaraan Operasional Pendidikan (Garopsdik) Seskoad, dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah bersama seluruh hadirin.

Acara peresmian dihadiri oleh Dansesko TNI, Dankodiklatad, Danpussenif, Para Asisten Kasad, Pangdam III/Slw, Para Danpussen, Dansecapaad, dan pejabat jajaran Seskoad. Selain itu, perwakilan dari Irjen Kemenhan RI, Dirjen Renhan Kemhan RI, dan Karoum Setjen Kemhan, Wali Kota Bandung, serta pimpinan PT Rantau Kalimas Jaya selaku pelaksana pembangunan kolam renang dan Keluarga Besar A J Mokoginta, juga terlihat menghadiri acara tersebut.

Perlu diketahui, AJ Mokoginta atau Ahmad Junus Mokoginta merupakan perwira tinggi TNI AD asal Totabuan. Mokoginta lahir di Kotamobagu, 28 April 1921 silam.

Dia merupakan alumni Akademi Militer Breda di Bandung (1941), Mokoginta dipercayakan menjadi Komandan SSKAD pertama selang tahun 1951-1953, yang saat ini lebih dikenal dengan sebutan Seskoad. (Ali Akbar/**)

Komentar Facebook