Relawan World Cleanup Day di Minsel Sulut Kumpulkan 180 Kg Sampah

  • Whatsapp
Para relawan WCD dan sejumlah komunitas maupun organisasi di Minsel, Sulut, Sabtu (19/9/2020). (Dok. Pribadi)

Tondano, DetikManado.com – Word Cleanup Day (WCD) atau aksi bersih-bersih sedunia telah dilaksanakan serentak pada Sabtu (19/9/2020) di 180 negara.

Di Minahasa Selatan (Minsel) Sulut, Sabtu (19/9/2020), WCD dilakukan di dua lokasi yang berbeda yakni Icon I AM di Amurang dan kaki Gunung Lolombulan di Kecamatan Motoling. Kegiatan tersebut diikuti peserta atau relawan yang meningkat 3 kali lipat dibandingkan tahun 2019 lalu.

Bacaan Lainnya

“Saya sendiri tidak menyangka animo dari komunitas semakin besar untuk terlibat di aksi ini. Tambah lagi kami mendapat dukungan penuh dari Pemkab Minsel lewat Dinas Lingkungan Hidup,” kata Leader WCD Minsel, Rivan Rempowatu.

Rempowatu menyebutkan, mereka berhasil mengumpulkan 180 kg sampah residu, maupun sampah daur ulang yang ditimbang dan disaksikan langsung oleh pihak Bank Sampah Cipta Sejahtera Lestari (CSL) Rumoong Bawah Amurang.

Sampah-sampah seberat 180 kg berhasil dikumpulkan oleh relawan WCD Minsel. (Dok. Pribadi)

“Dari kegiatan ini dengan jumlah relawan dari komunitas maupun atas nama personal yang turut serta, saya berharap agar mereka boleh membawa dampak positif di masyarakat dan menjadi virus untuk masyarakat lainnya akan kesadaran membuang sampah pada tempatnya dan tahu cara memilah sampah,” imbuhnya.

Di lokasi yang berbeda yakni Kecamatan Motoling, aksi bersih-bersih tersebut yang dilakukan tahun 2020 ini dapat bekerja sama dengan perangkat desa setempat.

Koordinator Kelompok Pecinta Alam Bebas (KPAB) Lolombulan Motoling, Hesky Pangaila menyatakan, pihaknya menargetkan pada WCD tahun mendatang akan mengajak pemerintah Kecamatan Motoling. Selain itu, mengedukasi masyarakat terkait sampah.

“Karena ini memang masalah lingkungan yang cukup serius,” ungkap Pangaila. (rf)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *