Unsrat Manado Buat Hand Sanitizer Sendiri dengan Bahan Cap Tikus

  • Whatsapp

Manado, DetikManado.com – Sulitnya hand sanitizer didapatkan di Kota Manado terkait virus Covid-19, mendorong Unsrat Manado melalui fakultas MIPA untuk melakukan terobosan menciptakan hand sanitizer buatan sendiri.

Hand sanitizer ini menggunakan bahan dasar cap tikus yaitu minuman beralkohol khas sulut.

Bacaan Lainnya

Kepada DetikManado.com, Selasa (24/03/2020), Rektor Unsrat Manado Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA menjelaskan, karena terjadi kekurangan hand sanitizer pihak kampus berupaya untuk memproduksi sendiri.

“Melalui Fakultas MIPA telah memproduksinya yang awalnya dibuat dari alkohol,” terang Kumaat.

Tetapi karena bahan baku alkohol sangat terbatas sehingga pihak kampus melalui peneliti melakukan terobosan dengan menggunakan bahan cap tikus, untuk digunakan sebagai bahan pembuat hand sanitizer.

“Sementara ini kami tengah melakukan pencarian cap tikus sekitar 100 liter setiap kali disuling. Minimal kita akan mencukupi kebutuhan seputaran Unsrat dulu,” jelas Kumaat.

Lanjut dia, untuk bahan bakunya sendiri diambil dari daerah di sekitar Kota Manado dan juga daerah Tareran, Kabupaten Minsel. “Ini adalah tanggung jawab akademik Unsrat, bagian dari pengabdian masyarakat, sekaligus menjaga kebersihan kita semua dalam menghadapi wabah pandemi Covid-19,” pungkas Kumaat. (ml/joe)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *