Wali Kota Kotamobagu Ajukan Ranperda Pajak, Retribusi Daerah, dan Rancangan KUA-PPAS 2024

Wali Kota Tatong Bara memberikan sambutan dalam rapat paripurna DPRD Kotamobagu, dengan agenda pengajuan Ranperda Pajak dan Retribusi Daerah, juga Rancangan KUA-PPAS Tahun 2024.(Foto: Dok. Dinas Kominfo Kotamobagu)

Kotamobagu, DetikManado.com – Wali Kota Ir Hj Tatong Bara menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pajak dan Retribusi Daerah serta Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Tahun 2024, dalam rapat paripurna DPRD Kotamobagu pada Senin (7/8/2023).

Dalam sambutannya, Tatong Bara menyampaikan bahwa diajukannya Ranperda Pajak dan Retribusi Daerah ini, juga dalam rangka untuk melaksanakan amanat Pasal 94 Undang-Undang Nomor 1 tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Seluruh jenis pajak dan retribusi ditetapkan dalam satu Peraturan Daerah (Perda), dan menjadi dasar hukum dalam pemungutan pajak dan retribusi di daerah.

Bacaan Lainnya

“Payung hukum dalam bentuk perda yang akan menjadi pedoman bagi pemerintah daerah dalam pemungutan pajak dan retribusi daerah ini menjadi sangat penting, mengingat pajak daerah dan retribusi daerah merupakan sumber pendapatan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di daerah, dalam hal ini Kota Kotamobagu,” kata Tatong Bara.

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait