Sulut Bakal Punya Gedung Laboratorium Forensik

Manado, DetikManado.com – Puslabfor Bareskrim Polri bersama Polda Sulut mulai melaksanakan pembangunan gedung Laboratorium Forensik di Manado.

Pembangunan gedung ini diawali dengan penancapan tiang pancang (groundbreaking) di areal SPN Polda Sulut, Selasa (24/8/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana didampingi Kepala Pusat Laboratorium Forensik Bareskrim Polri Brigjen Pol R Agus Budiharta dan Wakapolda Sulut Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir, yang melaksanakan penguntingan pita sebelum pelaksanaan groundbreaking.

“Barusan kita melaksanakan groundbreaking pertanda dimulainya pembangunan laboratorium forensik di Manado ini,” ujar Sudjana.

Lanjut dia, ini merupakan pembangunan gedung laboratorium forensik kesepuluh yang dibangun di Indonesia, dimana sebelumnya Polda Sulut dalam melakukan pemeriksaan forensik harus ke Labfor Makassar dulu.

“Ini tentunya lebih menghemat waktu dan biaya penyidikan. Dan Labfor ini juga bisa dimanfaatkan oleh polda-polda yang ada di sekitar Sulawesi Utara,” jelasnya.

Dia juga mensyukuri saat ini Polri terus melengkapi sarana dan prasarana khususnya yang ada di Sulut.

“Dibangunnya Labfor ini dalam rangka memberikan pelayanan lebih profesional kepada masyarakat khususnya membantu dalam mempercepat pengungkapan kasus,” tandas Sudjana.

Pembangunan Laboratorium Forensik di Manado, Sulut ini direncanakan berlangsung selama kurang lebih 2 tahun, dimulai Januari 2021 hingga Oktober 2022.(ml)

Komentar Facebook