Bantuan Ketiga APD dan Masker untuk Pemprov Sulut

  • Whatsapp
Ribuan APD dan masker diterima Pemprov Sulut di Lanud Sam Ratulangi Manado, Sabtu (11/04/2020).

Manado, DetikManado.com – Sebagai upaya mendukung pemerintah untuk percepatan penanggunglangan dan memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19, Pemerinta Pusat kembali mengirimkan Alat Pelindung Diri (APD) dan masker ke Pemprov Sulut.   

Bantuan ini dikirim melalui Lanud Sam Ratulangi Manado, Sabtu (11/04/2020). Sebanyak 3.000 APD dan 4.000 masker tiba di Lanud Sam Ratulangi menggunakan pesawat milik TNI AU dari Skadron Udara 33 Makassar jenis Hercules C-130 tail number A-1330, dengan Captain Pilot Mayor Pnb Yayan 14 crew.

Bacaan Lainnya

Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Johnny Sumaryana SE menjelaskan, sudah merupakan komitmen TNI Angkatan Udara untuk memanfaatkan alutsista yang dimiliki untuk mendukung pemerintah dalam penanggulangan Covid-19. TNI AU  memiliki beberapa pesawat angkut, namun pesawat Hercules yang kapasitas dan daya angkutnya cukup besar untuk mengangkut dan mendistribusikan alat-alat kesehatan keseluruh daerah di Indonesia.

“Ini sudah yang ketiga kali, sebelumnya juga telah kita lakukan pendistribusian alat kesehatan berupa APD dan masker yang saat itu diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala BPBD Sulut,” ujar Sumaryana.

Dia mengatakan, APD dan masker ini sangat penting bagi para tenaga medis yang berada di garda terdepan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

“Dalam proses bongkar muat APD dan masker ini, kita tetap melaksanakan sesuai prosedur kesehatan, yaitu dengan melakukan pengecekan suhu tubuh kepada seluruh crew pesawat,” ujarnya.

Selain itu semua barang yang diturunkan dari pesawat disemprot dengan cairan disinfektan yang dilakukan oleh Rumah Sakit Lanud Sam Ratulangi bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuan kelas II Manado.

Setelah dibongkar, ribuan APD dan Masker tersebut diangkut ke Baseops Lanud Sam Ratulangi dan dilakukan penyerahan secara simbolis dari Captain Pilot Pesawat Hercules yang mengangkut tersebut kepada Danlanud Sri. Selanjutnya Danlanud Sam Ratulangi dan Kadis Kesehatan Sulut menandatangani berita acara serah terima barang, yang disaksikan oleh Kepala BPBD Sulut, Kakes Kodam XIII Merdeka, Kasiops Korem 131 Santiago, Kadisops Lanud Sam Ratulangi dan Waaslog Kodam XIII Merdeka serta perwakilan dari Polda Sulut. (joe)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *