Berantas Penyalahgunaan Solar,Polda Sulut Tangkap 6 Terduga Pelaku di Bolmut

Manado,DetikManado.com – Direktorat Reserse Kriminal khusus Polda Sulut berkolaborasi dengan Polres Bolmut berhasil menangkap 6 terduga pelaku yang tengah beraksi melakukan penimbunan solar di salah satu SPBU.

Direskrimsus Polda Sulut Kombes Pol Nasriadi menjelaskan sebanyak tiga unit kendaraan berhasil diamankan, yaitu mobil espas, isuzu panther, dan truk.

“Mereka dengan ekstrem melakukan pengisian solar tersebut dari nozzle SPBU langsung ke jerigen dan tidak ke tengki, itu sangat parah” jelasnya pada Kamis (31/3/2022).

Sejauh ini pihak Kepolisian telah melakukan penindakan kepada 6 pelaku, selaku pemilik mobil, pemilik usaha dan mereka yang bekerja di nozzle SPBU.

“Apalagi ada indikasi keterkaitan, maka kita akan menetapkan tersangka pada penanggung jawab atau direktur SPBU tersebut,” jelasnya.

Para pelaku diancam dengan hukuman 5 tahun penjara atas kejadian tersebut.

“Sesuai dengan UU. No 2 Tahun 2001 dan UU No. 11 tahun 2001 tentang migas, pasal 55 penyalahgunaan subsidi, ancamannya 5 tahun penjara,” jelasnya.

Menurutnya langkah ini dilakukan untuk menjaga subsidi pemerintah terutama solar agar tidak disalahgunakan.

Nasriadi bahkan telah memberitahukan kepada seluruh pemilik SPBU agar tidak menjual solar tersebut kepada mereka yang akan menyalagunakan subsidi.

“Contohnya, harus menjual sesuai normatif tengki dari mobil, kalau satu tangki truk 60 liter,  maka tidak boleh dari itu. Apabila ada pengisian berulang-ulang, maka kita akan lakukan penindakan,” tandasnya. (ml)

 

Komentar Facebook