Bupati: Tidak Ada Kepala OPD yang Tinggalkan Daerah

  • Whatsapp

Tondano, DetikManado.com – Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi menegaskan, semua kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para bendahara di Kabupaten Minahasa, agar memperlancar pemeriksaan yang akan dilakukan tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulut.

Hal tersebut dikatakan Roring dalam rangka pemeriksaan interim Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemkab Minahasa TA 2019. “Ini perintah. Tidak ada kepala SKPD yang meninggalkan tempat (daerah), kecuali izin khusus dari bupati atas sepengetahuan tim BPK,” kata Bupati saat menggelar entry meeting bersama BPK RI Perwakilan Sulut, Selasa (11/02/2020) di Kantor Bupati Minahasa, Sulut.

Bacaan Lainnya

Roring menegaskan, dengan demikian pemeriksaan internal ini dapat berjalan lancar. “Apapun dokumen yang sudah dimintakan mendahului dan menjadi arahan petunjuk, harus dipatuhi bersama sehingga pemeriksaan berjalan lancar,” tegas mantan Asisten III Pemprov Sulut ini sambil menambahkan, kelancaran pemeriksaan ditentukan oleh jajaran Pemkab Minahasa secara bersama dengan menyajikan informasi dan laporan pertanggung jawaban.

Selain itu juga, Bupati Roring menyatakan, bagi OPD yang dianggap memperlambat atau mangkir dari tim pemeriksa, akan dikenakan sanksi sesuai aturan yang berlaku.

Lain pihak, Wakil Penanggung Jawab BPK RI Perwakilan Sulut, Nurendro Adi Kusumo SE MM menyatakan, pemeriksaan ini dilaksanakan dengan dasar hukum pemeriksaan UU No 15 Tahun 2004 dan UU No 16 Tahun 2006. “Kami berencana melakukan pemeriksaan selama 30 hari dan fokusnya memantau tindak lanjut pemeriksaan tahun lalu terutama yang menjadi permasalahan seperti aset,” terang Nurendro.

Nurendro menyampaikan pemeriksaan ini seperti pemantauan tindak lanjut, penilaian efektifitas Sistem Pengendalian Intern (SPI), penilaian kepatuhan atas peraturan UU. Selain itu pengujian substantif terbatas pada transaksi atau saldo akun-akun tertentu. Sedangkan jangka waktu pemeriksaan dimulai 11 Februari 2020-11 Maret 2020.

Entry meeting ini dihadiri Sekretaris Daerah Pemkab Minahasa Ir Ronald Sorongan MSi, jajaran Pemkab Minahasa dan lain sebagainya. (rf)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *