Gunung Lokon di Tomohon Berstatus Waspada

  • Whatsapp
Gunung Lokon yang terletak di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), berada dalam level II atau waspada.

Tomohon – Dalam periode pengamatan hingga pukul 00.00 Wita, Minggu (19/05/2019), Gunung Lokon yang terletak di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), berada dalam level II atau waspada. Terkait kondisi itu, sejumlah rekomendasi dikeluarkan untuk diperhatikan masyarakat serta wisatawan di sekitar gunung setinggi 1580 mdpl itu.

“Masyarakat dan wisatawan untuk tidak mendekati dan melakukan aktivitas di dalam radius 1.5 km dari Kawah Tompaluan atau pusat aktivitas,” ujar Mohammad Isra, petugas pengamat Gunung Lokon Tomohon, pagi tadi.

Bacaan Lainnya

Dia menambahkan, jika terjadi letusan dan hujan abu, masyarakat diimbau untuk tetap berada di dalam rumah. Apabila berada di luar rumah disarankan untuk menggunakan masker pelindung hidung dan mulut serta kacamata. “Juga mewaspadai potensi lahar pada sungai-sungai yang berhulu dari puncak Gunung Lokon terutama pada musim hujan,” ujarnya.

Sementara secara visual, gunung nampak jelas dengan asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih. Intensitas tipis hingga sedang dan tinggi 50-100 m di atas puncak kawah.(joe)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.