230 dibaca

Harapan Untuk Pelaksanaan PK2MB FIS Unima

  • Whatsapp
Pembantu Dekan (PD) 3 FIS Unima Drs Paulus R Tuerah MPd.

Tondano, DetikManado.com – Pembantu Dekan (PD) 3 Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Unima, Drs Paulus R Tuerah MPd berharap, pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PK2MB) tahun 2019 nantinya berjalan dengan baik di FIS Unima.

Pelaksanaan PK2MB harus menitikberatkan pada pendidikan karakter, motivasi, semangat dan kemampuan bersosialisasi bagi mahasiswa baru FIS Unima. Tak hanya itu, PK2MB kiranya sesuai dengan visi dan misi Unima yang dirangkum dalam istilah TOP (Team work, Organization Effectiveness dan Performance Oriented).

Muat Lebih

“Mahasiswa baru mampu mengenal teman-teman seangkatan, kemudian para dosen dan pegawai, termasuk juga kakak kelas atau senior. Mereka dapat bertukar pikiran dan pendapat sehubungan dengan proses perkuliahan yang ada di Fakultas Ilmu Sosial,” kata Tuerah di ruang kerjanya, Selasa (13/08/2019).

Dengan penerapan pendidikan karakter yang baik, mahasiswa baru dapat mengenal lingkungan tempat di mana mereka menjalani aktivitas akademiknya. Sebelum masuk masa perkuliahan, lanjut dia, mahasiswa dipersiapkan, supaya bisa mengenal bidang akademik. “Seperti mata kuliah yang biasa diajarkan para dosen. Bisa juga termasuk saran dari pimpinan fakultas, arah visi-misi fakultas termasuk juga jurusan atau program studi,” ucapnya.

Ia juga menghimbau agar kekerasan fisik tidak terjadi selama pelaksanaan PK2MB. Untuk itu, pendidikan karakter dalam bentuk pembinaan mental diwujudkan, seperti kedisiplinan masuk kuliah tepat waktu pukul 08.00 Wita. Hal ini akan menjadi teladan atau contoh yang diberikan kepada mahasiswa baru. “Sekarang kan, paradigma yang lama sudah ditinggalkan, bukan lagi model kekerasan, tapi model pembinaan. Pembinaan karakter kan tidak harus lewat kekerasan, tetapi lewat teladan dan contoh,” katanya.

Dalam pelaksanaan PK2MB pula, Tuerah mengingatkan agar kerja sama dan solidaritas dari panitia dapat terjalin. Para panitia yang masuk yakni lembaga kemahasiswaan di FIS Unima seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Komisi Pemilihan Raya Mahasiswa (KPRM). Kemudian, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP). Tak hanya itu, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yakni Unit Pelayanan Kerohanian Mahasiswa Kristen (UPK-MK), Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK), Badan Tadzkir Mahasiswa (BTM) dan Mahasiswa Pencinta Alam (MPA) juga masuk dalam susunan kepanitiaan PK2MB tahun 2019 FIS Unima.

Kemudian ada juga sosialisasi dari bidang kemahasiswaan kepada mahasiswa baru untuk terlibat dalam kehidupan organisasi. Mahasiswa akan dilatih untuk masuk dalam kehidupan berorganisasi. “Jadi sama-sama berupaya untuk membangun karakter masing-masing mahasiswa baru,” pungkasnya. (rf)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *