Ikut Workshop Jurnalistik, Ini Pendapat Para Siswa SMAN 1 Manado

Sejmlah siswa SMAN 1 Manado yang mengikuti workshop jurnalistik, Senin (21/10/2019).

Manado,Detikmanado.com – Puluhan siswa mengikuti workshop jurnalistik dengan tema ‘Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pelatihan Jurnalis’ yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulawesi Utara dr Grace Punuh Mkes, Senin (21/10/2019), di SMAN 1 Manado.

Dalam pelatihan ini para siswa diperkenalkan tentang dunia jurnalis, tehnik dalam peliputan suatu kejadian serta bagaimana cara bermedia sosial dengan baik. Dua wartawan senior Sulut Pemred DetikManado.com Yoseph E Ikanubun dan Pemred Barta1.com Agustinus Hari tampil sebagai pembicara dalam kegiatan ini.

Bacaan Lainnya

Tak kurang dari 60 siswa SMAN 1 Manado ikut dalam kegiatan yang diakhiri dengan simulasi menulis berita ini. Lalu bagaimana tanggapan para siswa terkait workshop itu? “Kami jadi tahu banyak seperti apa dunia jurnalis itu, serta tehnik dalam peliputan dan ini menarik,” ujar Kezia Porawouw, siswi kelas 10 IPS 2 SMAN I Manado.

Lanjutnya, kelak jika dia terjun ke dunia jurnalistik sudah memiliki modal dasar akan pengetahuan tersebut. “Ini bisa berguna bagi saya jikalau ingin membuat berita kedepannya nanti,” bebernya.

Senada dengan itu, Jesica Tumewu yang juga siswi kelas 10 IPS 2 menambahkan, selain materi jurnalistik mereka juga diajarkan bagaimana menangkal berita-berita hoaks yang beredar di media sosial. “Dengan adanya pelatihan ini, kedepan kami bisa mencari tahu apakah berita ini benar atau tidak di media sosial,” pungkas Jesica. (ml)

Komentar Facebook

Pos terkait