Ini Frekuensi Seks Rata-Rata Per Minggu Sesuai Usia

Ilustrasi suasana romantis menajdi salah satu faktor penentu dorongan hubungan seks. (Foto: pexels.com)

Manado, DetikManado.com – Kebenaran tentang berapa banyak seks yang seharusnya Anda lakukan untuk usia Anda. Lajang dan pasangan mungkin bertanya pada diri sendiri, “berapa banyak seks yang harus saya lakukan per minggu?”

Angka berapa idealnya? Sebenarnya semuanya tergantung pada berbagai faktor, termasuk gaya hidup, kesehatan masing-masing pasangan, dorongan seks, dan usia.

Dilansir DetikManado.com dari medicaldaily.com, sebuah studi resirkulasi dari Kinsey Institute for research in Sex, Reproduction and Gender, menunjukkan usia dapat bertindak sebagai prediktor untuk frekuensi seks rata-rata, mulai dari seminggu sekali hingga sebulan sekali.

Tidak mengherankan, para peneliti di Institut Kinsey menemukan orang-orang berusia antara 18 dan 29 tahun paling banyak melakukan hubungan seks, dengan rata-rata 112 sesi seks per tahun, atau dua kali seminggu.

Sementara itu, usia 30 hingga 39 tahun berhubungan seks sebanyak 86 kali per tahun atau setara dengan 1,6 kali per minggu. Mereka yang berada dalam kelompok usia 40 hingga 49 tahun melakukan hubungan seks hanya 69 kali per tahun, sekitar setengah dari total usia 18 hingga 29 tahun.

Terbukti, penurunan ini bertepatan dengan bertambahnya usia karena kewajiban keluarga, tekanan sehari-hari, dan penyakit menjadi lebih melelahkan secara fisik dan mental.

Sebuah penelitian di bulan Juni menemukan perubahan fisik yang terjadi seiring bertambahnya usia, ditambah usia yang kita rasakan, keduanya memengaruhi pengalaman seks.

“Alur cerita dasar yang muncul dari penelitian ini adalah, seiring bertambahnya usia, peluang kita untuk mengembangkan kondisi kesehatan kronis meningkat dan ini, pada gilirannya, berdampak negatif pada frekuensi dan kualitas aktivitas seksual,” tulis Dr Justin Lehmiller dalam pos Institut Kinsey.

Pernikahan juga memainkan peran penting dalam frekuensi seks: 34 persen pasangan menikah berhubungan seks dua sampai tiga kali per minggu; 45 persen berhubungan seks beberapa kali dalam sebulan; dan 13 persen berhubungan seks hanya beberapa kali dalam setahun.

Komentar Facebook