Jelang Penilaian Adipura, DLH Kota Tomohon Lakukan Persiapan

Kepala Dinas Kota Tomohon (DLH) John Kapoh bersama tim penilai lomba bersih-bersih antar kelurahan. (Foto: DetikManado.com/Stefanus Goni)

Tomohon, DetikManado.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tomohon melaksanakan serangkaian kegiatan menjelang penilaian Adipura di Kota Tomohon, Sulut, Senin (3/10/2022).

Rencananya Kota Tomohon akan dinilai untuk mendapatkan penghargaan Adipura, yang merupakan penghargaan kebersihan kota di seluruh Indonesia. Proses penilaian itu dilaksanakan oleh tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Bacaan Lainnya

Untuk meraih penghargaan Adipura tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tomohon, John Kapoh SS MSi mengatakan terdapat target penghargaan Adipura dari KLHK yang ingin dicapai dan indikator penilaian.

Ia menyebutkan penilaian itu seperti daerah permukiman, pertokoan, jalan arteri atau kolektor, Tempat Pembuangan akhir (TPA), taman kota, hutan kota, perkantoran, bank sampah, fasilitas kesehatan, sekolah, fasilitas pengelolaan sampah, pasar, terminal dan perairan terbuka.

“Dalam meraih penghargaan Adipura kita melaksanakan kegiatan kerja bakti massal, lomba kebersihan antar kelurahan se-kota Tomohon dan lomba Eco Office,” kata Kapoh kepada DetikManado.com saat diwawancarai, Jumat (30/9/2022).

Kapoh mengimbau agar dapat meraih penghargaan Adipura, pihaknya membutuhkan dukungan dari berbagai stakeholder diantaranya pemerintah, masyarakat serta pelaku usaha.

Persiapan ini didukung Walikota Tomohon Carrol JA Senduk SH yang didampingi Wakil Wali kota Tomohon Wenny Lumentut SE dengan turut meminta dukungan dari berbagai stakeholder, mulai jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) hingga masyarakat umum di Kota Tomohon.

“Marilah kita semua membangun sinergi dengan semua elemen bangsa di kota ini, untuk dengan kesadaran penuh bekerja bersama melalui Gerakan Bersih-bersih dan Tata Kota di wilayah kerja masing-masing dimulai besok hari Jumat-Sabtu, 30-31 September 2022,” ujar Senduk. (Stefanus Goni)

Komentar Facebook

Pos terkait