Lomba Peringatan Kristus Raja Semesta Alam di Bitung, Paroki Airmadidi Raih Juara Defile

Penyerahan hadiah kepada peserta lomba Defile Paroki St Antonius dari Padua Airmadidi saat lomba peringatan Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam. (Foto: Dokumentasi Tim Kerja Paroki Stella Maris Bitung)

Bitung, DetikManado.com – Sekitar ribuan umat Katolik Kevikepan Tonsea Keuskupan Manado merayakan peringatan Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam, yang dipusatkan di Gereja Katolik Paroki Stella Maris Bitung, Sulut, Minggu (20/11/2022).

Sebelumnya, peringatan tersebut diisi berbagai kegiatan lomba Tari Pasutri dan Tari Jajar OMK pada Jumat (18/11/2022), di GOR Duasudara Bitung. Beberapa saat sebelum puncak perayaan Misa Kristus Raja Semesta Alam tersebut, pihak panitia menggelar beberapa lomba pun yaitu lomba CCA, lomba SEKAMI, lomba Koor Gregorian, lomba simulasi PPA dan lomba Defile, yang dipusatkan di Kompleks Gereja Katolik Stella Maris dan Kompleks Persekolahan Don Bosco Bitung.

Bacaan Lainnya

Menariknya, lomba Defile adalah yang sangat antusias diikuti dan disaksikan seluruh umat maupun masyarakat Kota Bitung. Hal ini karena memberikan gambaran potensi, dinamika umat, dan ukuran keterlibatan umat paroki. Nampak dalam prosesi Defile tersebut masyarakat kota Bitung antusias menyaksikan prosesi yang juga menampilkan peran Kristus Raja Alam Semesta.

Dalam lomba Defile, Paroki Santo Antonius dari Padua Airmadidi keluar sebagai juara 1 di Kevikepan Tonsea yang meliputi 9 paroki terdiri dari 6 paroki di wilayah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dan 3 paroki di wilayah Kota Bitung.

“Dalam lomba Defile ini semua potensi dan sumber daya umat ditampilkan sesuai dengan karakterikstik umat paroki di tiap-tiap paroki,” ujar Koordinator Defile Paroki Airmadidi dan pengurus DPP Airmadidi, Hanny Putong.

“Syukurlah akhirnya paroki Airmadidi raih juara 1 lomba Defile. Menariknya juga untuk lomba Defile disabet habis oleh paroki yang berasal dari Minahasa Utara,” kata salah satu umat Katolik, Ramon Wowor yang juga wartawan senior di Minut.

Sebagai informasi, acara puncak perayaan misa dipimpin langsung Pastor Kevikepan Tonsea Pastor Ferry Runtu  Pr, dengan konselebran pastores paroki yang hadir antara lain Pastor Johanis Pinontoan Pr, yang adalah Pastor Paroki Airmadidi РMinahasa Utara. (Yoseph Ikanubun)

Dalam kegiatan ini, DetikManado.com mendapatkan hasil lomba peringatan Hari Raya Kristus Raja se Kevikepan Tonsea Keuskupan Manado sebagai berikut:

Jumat, 18 November 2022
– Lomba Tari Pasutri
1. Manembo-nembo
2. Airmadidi
3. Girian

– Lomba Tari Jajar
1. Lembean
2. Airmadidi
3. Manembo-nembo

Minggu, 20 November 2022
– Lomba Sekami
1. Laikit
2. Girian
3. Kokoleh

– Lomba Koor Gregorian
1. Manembo-nembo
2. Watutumow
3. Bitung (cuma 3 peserta)

– Lomba Simulasi PPA
1. Girian
2. Bitung
3. Kema

– Lomba CCA
1. Airmadidi
2. Bitung
3. Lembean

– Lomba Defile
1. Airmadidi
2. Lembean
3. Laikit

Komentar Facebook

Pos terkait