Peluang Runtukahu Cs Menghadapi Persiba Menurut Admin Goroho.id

Pendiri sekaligus admin Komunitas Literasi Digital Goroho.id Yves Vincent Muaya

Manado, DetikManado.com –  Pertandingan lanjutan kompetisi Liga 2 Indonesia yang mempertemukan tim tuan rumah Bogor FC Sulut United dan tim tamu Persiba Balikpapan, di Stadion Klabat Manado, Minggu (08/07/2019) sore nanti, diprediksi bakal dimenangkan oleh Eksel Runtukahu dan kawan-kawan.

Menurut pendiri sekaligus admin Komunitas Literasi Digital Goroho.id Yves Vincent Muaya, tim asuhan pelatih Herry Kiswanto ini tidak akan kesulitan meredam tim ‘Beruang Madu’ julukan untuk Persiba Balikpapan.

Bacaan Lainnya

Pria penikmat kopi ini sangat yakin pada laga kandang kedua Bogor FC Sulut United tersebut akan menjadi milik tuan rumah.

Keyakinan Yves sapaan akrab Yves Vincent Muaya bukan tanpa alasan. Menurutnya, tim asuhan pelatih Herry Kiswanto ini menunjukan peningkatan organisasi permainan dari pertandingan ke pertandingan.

“Para pemain terlihat semakin menyatu dan kompak. Strategi pelatih sudah mulai dipahami oleh para pemain dengan baik. Secara permainan, tim ini sudah memiliki karakter,” tutur Yves kepada DetikManado.com, Jumat (05/07/2019) malam.

Lanjutnya, alasan kedua, mental pemain sedang bagus berkat kemenangan 2-1 atas tim kuat Mitra Kukar. Psikologi memegang peranan yang sangat penting dalam sepak bola.

Bicara soal psikologi, Yves mengatakan ‘Cogito ergo sum’ merupakan ungkapan masyhur hasil refleksi mendalam seorang filsuf Prancis, Rene Descartes, lebih dari 350 tahun lalu. Bahwa manusia adalah makhluk yang tidak mungkin mengelak dari pikirannya. Semua boleh saja disangsikan oleh manusia, kecuali pikirannya. “Jadi, mental sama pentingnya dengan fisik,” ucap Muaya.

Selain dua alasan di atas, faktor sejarah bisa memiliki peranan penting, karena sejak Liga Indonesia bergulir, Persiba selalu kesulitan ketika melakoni partai tandang ke Sulut. “Ketika menghadapi Persma Manado, Persmin Minahasa, dan Persibom Bolaang Mongondow. Tim Balikpapan ini bahkan tak pernah sekalipun memetik kemenangan,” jelas Yves dengan nada optimis.

Berdasarkan pertimbangan tiga faktor tersebut, alumni Fakultas Teknik Unsrat Manado ini yakin 100 persen, Bogor FC Sulut United akan memetik tiga poin atas Persiba. “Tuan rumah akan menang dengan skor 2-0,” tutup Yves. (dem)

Komentar Facebook

Pos terkait