Pemkot Kotamobagu Terus Berkomitmen Wujudkan Transformasi Kesehatan

Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara bersama Gubernur Olly Dondokambey, Wagub Steven Kandouw beserta sejumlah kepala daerah lainnya di Sulut, berfoto di sela-sela Rakerkesda Provinsi Sulut di Hotel The Sentra Manado pada Selasa (4/7/2023).(Foto: Dok. Dinas Kominfo Kotamobagu)

Kotamobagu, DetikManado.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu di bawah kepemimpinan Wali Kota Ir Hj Tatong Bara dan Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan SH, terus berkomitmen untuk mewujudkan transformasi kesehatan. Ini merupakan bentuk kerja sama Indonesia dengan Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

Hal itu ditegaskan Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara di sela-sela mengikuti Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) tingkat Provinsi Sulut, bersama Gubernur Olly Dondokambey SE dan jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) se-Sulut di Hotel The Sentra Manado pada Selasa (4/7/2023).

Bacaan Lainnya

Menurut Kepala Dinkes Kotamobagu, dr Wahdania Mantang MKes, rapat kerja dilaksanakan dalam membahas transformasi bidang kesehatan khususnya di Provinsi Sulut.

“Transformasi dalam bidang kesehatan merupakan bentuk kerja sama Indonesia dengan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO untuk mewujudkan 6 pilar transformasi kesehatan yang merupakan upaya perbaikan sistem kesehatan, untuk mengatasi ketimpangan kesehatan di Indonesia khususnya di Sulawesi Utara,” katanya.

Adapun 6 pilar transformasi kesehatan meliputi transformasi layanan primer, layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan dan transformasi teknologi kesehatan.

Masalah pandemi Covid 19, lanjut Wahdania, memberi pelajaran bagi Indonesia termasuk Kota Kotamobagu dalam mengatasi permasalahan kesehatan.

“Diharapkan dengan transformasi kesehatan ini dapat membantu daerah-daerah dalam menghadapi permasalahan kesehatan di masa mendatang,” lanjut dia.

Komentar Facebook

Pos terkait