Perayaan Misa Vigili Natal di Gereja Katolik Stasi Unima

Tondano, DetikManado.com – Umat Katolik di Gereja Stasi St Ignatius Perum Unima Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut) mengikuti Perayaan Misa Malam Natal atau biasa disebut Vigili Natal yang dipimpin Pastor Joanes J Tinggogoy MSC, Selasa (24/12/2019).

Pantauan DetikManado.com, perayaan ini dilalui penuh khidmat saat Imam, Putra Putri Altar dan petugas liturgi lainnya berjalan masuk menuju altar yang dipenuhi dekorasi yang didominasi warna putih.

Iring-iringan pembukaan sesudahnya disambut Kyrie yang dinyanyikan dengan oleh umat. Ketika lampu dipadamkan, maklumat tentang kelahiran Yesus Kristus didaraskan oleh salah seorang umat stasi dan kemudian doa kandang Natal. Umat tampak takjub ketika lagu Gloria dinyanyikan dengan penuh sukacita.

Pastor John sapaan akrabnya dalam pembukaan mengatakan, Malam Natal merupakan malam penantian bagi umat Kristiani. “Malam yang penuh arti, sukacita dan kedamaian. Natal telah tiba,” imbuhnya.

Ia menuturkan misteri penjelmaan Allah menjadi manusia dirayakan dengan gembira dan penuh syukur, sebab Yesus Kristus Sang Juru Selamat telah lahir bagi umat manusia. “Dialah sang Imanuel, Allah beserta kita. Marilah kita merayakan kelahiran Kristus Tuhan,” katanya.

Ia juga mengajak umat Katolik untuk merayakan Natal bagi diri sendiri, keluarga dan komunitas. (rf)

Komentar Facebook