165 dibaca

Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Lantamal VIII Manado

  • Whatsapp
Upacara detik-detik Proklamasi, Sabtu (17/08/2019), di Lapangan Apel Markas Komando Lantamal VIII Manado.

Manado,DetikManado.com- Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT ) ke-74 Republik Indonesia, Lantamal VIII Manado melaksanakan upacara detik-detik Proklamasi, Sabtu (17/08/2019), di Lapangan Apel Markas Komando Lantamal VIII Manado.

Dalam upacara tersebut bertindak sebagai inspektur upacara (IRUP) Wadan Lantamal VIII Kolonel Marinir Edi Juardi yang membacakan Amanat Kepala Staf Angkatan (KSAL) Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Muat Lebih

KASAL pada kesempatan tersebut antara lain mengatakan bahwa selama 74 tahun sudah menunjukan diri sebagai bangsa yang tangguh menghadapi berbagai tantangan, bangsa yang kokoh dalam bingkai persatuan NKRI yang berBhinneka Tunggal Ika. Juga bangsa yang ingin terus maju serta berprestasi menggapai tujuan di tengah perubahan dan persaingan global.

Selanjutnya KASAL menyampaikan dinamika lingkungan strategis global diwarnai kompetisi dan perebutan pengaruh negara-negara besar yang telah menempatkan Indonesia pada pusat kepentingan global. “Jika tidak siap dan waspada Indonesia dapat saja tergilas dalam kompetisi global yang tidak mengenal waktu dan batas,” ucapnya.

Lanjutnya, berbaurnya ancaman militer dan non militer mendorong terciptanya dilema geopolitik dan geostrategis global yang sulit diprediksi dan diantisipasi. “Oleh sebab itu TNI Angkatan Laut berani berbenah diri dan berubah menjadi lebih baik menuju Angkatan Laut yang profesional dan modern serta mendukung cita-cita bangsa menjadi kekuatan maritim yang berpengaruh di kawasan,” tegas KSAL.

Diketahui Upacara Peringatan HUT ke-74 ini diikuti seluruh Prajurit, PNS serta guru dan pelajar SMP Hang Tuah Manado.(hs)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *