Peringatan Hari Pancasila di Universitas Sam Ratulangi Manado

Peserta upacara peringatan Hari Pancasila di Unsrat.

Manado, DetikManado.com – Saya Indonesia, Saya Pancasila! Kalimat yang biasa dilontarkan Presiden Jokowi kepada bangsa ini saat paham radikalisme menggerogoti negara tercinta ini. Karena itu dengan Pancasila bangsa Indonesia kuat di mata dunia.

Di akhir pekan ini, Sabtu (01/06/2019) di seluruh pelosok Tanah Air Tercinta diperingati hari lahirnya Pancasla. Tak ketinggalan di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Sulawesi Utara. Dengan balutan seragam putih hitam peserta upacara mengikutinya dengan khidmat.

Bacaan Lainnya

Rektor Unsrat melalui Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Ir Grevo Gerung MSc membacakan pesan tertulis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Dalam pesan itu disampaikan Pancasila mampu menyatukan elemen bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Sebagaimana kita ketahui bahwa kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan tanah air indonesia,” ujarnya.

Kesatuan gugusan pulau yang berada di antara dua  samudara yaitu Pasifik dan Hindia serta di antara dua benua Asia dan Australia menunjukan Bangsa Indonesia memiliki ruang hidup tanah air sebagai satu kesatuan.

Dia juga memaparkan, ada relasi dan perpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan sebagai konsep wawasan nusantara. Di wilayah nusantara tumbuh flora dan fauna yang beragam, keberagaman secara natural merupakan karakteristik dari ke-Indonesiaannya. Demikian pula secara antropologis dan sosiologis keberagaman ras, etnis, dan agama, kepercayaan dan budaya sudah ada sejak masa pra aksara, aksara hingga sekarang.

“Kita Indonesia hidup dan bahagia dalam keberagaman, Pancasila sebagai dasar negara ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan anugerah yang tiada tara,” terangnya.

Turut hadir dalam upacara itu Senat Unsrat,Majelis Guru Besar, Dekan, Direktur Pascsarjana,Tenaga Pendidik,serta staf honorer.(ml)

Komentar Facebook

Pos terkait