Plaza Ramadhan Kelurahan Ternate Baru Jadi Pusat Pertemuan Umat dan Syiar Agama di Manado

Plaza Ramadhan part 10 di Kelurahan ternate Baru Kecamatan Singkil Kota Manado. (foto DetikManado)

MANADO, DetikManado.com – Untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1440 H, Pemuda Remaja Masjid Jami’ Miftahul Jannah, Kelurahaan Ternate Baru, Kecamatan Singkil, Kota Manado, menggelar pembukaan Plaza Ramadhan Part 10, Senin (06/05/2019) malam.

Kegiatan tersebut dipusatkan di lapangan olahraga Kelurahan Ternate Baru, dimana sebagian lapangan disulap menjadi stand jualan jajanan Ramadhan, dan sebagiannya lagi untuk lahan parkir bagi pengunjung.

“Plaza Ramadhan sudah dilaksanakan selama 10 tahun, kegiatan bernuansa islam ini bertujuan supaya pemuda di Manado lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT,” jelas Ketua Remaja Masjid Miftahul Jannah Wawan Achmad dalam sambutannya.

Pada kesempatan tersebut, pemerintah Kecamatan Singkil, melalui Camat Singkil, Zainal Naway, memberikan apresiasi pelaksanaa Plaza Ramadhan terserbut.

“Ini merupakan kegiatan yang sangat membantu Pemerintah, dimana pada bulan Ramadhan generasi muda diarahkan kearah yang baik, dengan kegiatan ini Insyah Allah anak-anak kita dapat berubah menjadi baik,” tutur Zainal dalam sambutannya.

Zainal menilai, Plaza Ramadhan yang diselenggarakan oleh Remaja Masjid tersebut, bisa menjadi syiar agama dan menjadi pusat pertemuan umat, yang perlu diteruskan pada masa-masa mendatang.

Senada dengan Camat, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara, Dr. H. Abdul Rasyid, M.Ag, menilai pembukaan Plaza Ramadhan, menjadi titik temu seluruh umat beragama di Sulut, khususnya Kota Manado.

“Kemenag Sulut sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Remaja Mesjid Miftahul Jamnah Kelurahan Ternate Baru atas kegiatan ini,” tutur Rasyid.

Rasyid juga berharap, kegiatan seperti ini tidak akan pernah terhenti, dan terus belanjut pada Ramadhan yang akan datang.

Selain masyarakat sekitar yang membuka lapak di tempat ini, nampak juga komunitas mahasiswa, dari Badan Eksekutif Mahasiswa UTSU Manado, turut ambil bagian di tempat tersebut.

“Ada beberapa kampung Ramadhan di Manado, namun kami lebih memilih membuka stand di Plaza Ramadhan, karena disini selain menyediakan jajanan kuliner khas dan halal, juga diisi dengan sajian musik bernuansa Islami,” tutur Presiden mahasiswa UTSU Manado Ardiansyah Mustofa.

Pantauan DetikManado.com, lapak-lapak yang ada menyajikan sejumlah menu halal, seperti bakso, nasi goreng, aneka kua basah khas Ramadhan, bahkan ada beberapa lapak yang menjual pakaian busana muslim dan kolseksi pakaian batik.

Pembukaan kegiatan tersebut turut dihadiri tokoh Islam Sulut yang juga mantan Ketua BKPRMI Sulut, H. Djafar Alkatiri, Kapolsek Singkul, Kepala KUA Kecamatan Singkil, Lurah Ternate Baru dan Imam Besa Masjid Miftahul Jannah Kelurahan Ternate Baru. (dm)

Komentar Facebook