Praktek Menulis Berita Bagi Anggota Kmmalra

Praktek Menulis Berita yang diikuti anggota Keluarga Mahasiswa Maluku Tenggara (Kmmalra), Jumat (17/01/2020) di salah satu kos di Tataaran-Patar, Tondano, Minahasa, Sulut.

Tondano, DetikManado.com – Beberapa mahasiswa yang tergabung dalam paguyuban Keluarga Mahasiswa Maluku Tenggara (Kmmalra) di Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (17/01/2020) mengikuti kegiatan Praktek Menulis Berita.

Kegiatan itu dilakukan di salah satu kos yang terletak di Tataraan Patar, Tondano, Minahasa, Sulut dan diikuti 7 anggota Kmmalra. Dalam praktek penulisan berita tersebut, dihadirkan Maher Kambey, anggota pers dari Student Press Society (SPS) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unima.

Bacaan Lainnya

Materi yang disampaikan adalah pengertian berita, unsur-unsur berita yang terdiri dari 5 W (What, who, when, where, why) dan 1 H (How). Ada juga 7 nilai berita seperti bersifat penting, baru terjadi, unik atau tidak biasa, asas keterkenalan (tokoh), kedekatan geografis (tempat), dampak dan tren atau gaya mutakhir. Lalu kerangka berita yang dikemas dalam konsep piramida terbalik dan jenis-jenis berita.

Dalam kesempatan itu, Kambey menyampaikan beberapa hal penting dalam penulisan berita lewat materinya. Diawali pencarian data dan fakta agar sesuai dengan keadaan di lapangan.

Komentar Facebook

Pos terkait