Praktek Menulis Berita Bagi Anggota Kmmalra

  • Whatsapp
Praktek Menulis Berita yang diikuti anggota Keluarga Mahasiswa Maluku Tenggara (Kmmalra), Jumat (17/01/2020) di salah satu kos di Tataaran-Patar, Tondano, Minahasa, Sulut.

Tondano, DetikManado.com – Beberapa mahasiswa yang tergabung dalam paguyuban Keluarga Mahasiswa Maluku Tenggara (Kmmalra) di Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (17/01/2020) mengikuti kegiatan Praktek Menulis Berita.

Kegiatan itu dilakukan di salah satu kos yang terletak di Tataraan Patar, Tondano, Minahasa, Sulut dan diikuti 7 anggota Kmmalra. Dalam praktek penulisan berita tersebut, dihadirkan Maher Kambey, anggota pers dari Student Press Society (SPS) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unima.

Muat Lebih

Materi yang disampaikan adalah pengertian berita, unsur-unsur berita yang terdiri dari 5 W (What, who, when, where, why) dan 1 H (How). Ada juga 7 nilai berita seperti bersifat penting, baru terjadi, unik atau tidak biasa, asas keterkenalan (tokoh), kedekatan geografis (tempat), dampak dan tren atau gaya mutakhir. Lalu kerangka berita yang dikemas dalam konsep piramida terbalik dan jenis-jenis berita.

Dalam kesempatan itu, Kambey menyampaikan beberapa hal penting dalam penulisan berita lewat materinya. Diawali pencarian data dan fakta agar sesuai dengan keadaan di lapangan.

Lalu berita yang ditulis secara jujur serta tentu menyebutkan hal yang benar dalam berita serta mengecek sumber berita dengan cara mengonfirmasi. ”Karena bisa saja nara sumber menuntut kita dengan berita yang tidak benar. Nantinya akan berujung pada pencemaran nama baik orang atau institusi yang diberitakan,” tuturnya.

Kemudian Kambey menegaskan, kebanyakan orang agak malas ketika membaca berita yang panjang. Padahal menurutnya, berita yang panjang itu memberikan informasi kejadian sesuai kronologis dengan rinci, agar pembaca tidak salah paham dengan berita yang dipublikasikan.

Anggota Kmmalra usai mengikuti kegiatan Praktek Menulis Berita, Jumat (17/01/2020).

Tak hanya itu, dia juga mendorong anggota paguyuban Kmmalra yang ingin mendalami dunia jurnalistik agar memperbanyak bacaan seperti berita, artikel atau buku. “Baca buku bisa tambah kosa kata dan itu penting dalam menulis berita,” pungkasnya.

Setelah diberikan materi, dibuka sesi tanya jawab dan saling berbagi antara anggota dan pemateri seputar pemberitaan. Selain itu, pemateri juga memberikan latihan menulis berita. Saling memperbaiki dan ide-ide yang diutarakan melengkapi hasil berita yang dibuat.

Bendahara Umum Kmmalra Jane Silubun menuturkan, praktek menulis berita masuk dalam program bidang pendidikan dan kaderisasi. Silubun mengatakan, walaupun sedikit anggota yang hadir, namun kegiatan program ini dapat terlaksana dengan baik. “Semoga kerja sama ke depan lebih baik lagi. Dan anggota juga lebih banyak hadir dan sadar bahwa paguyuban masih membutuhkan anggota-anggota tersebut,” ucapnya.

Silubun menegaskan, materi yang diberikan kepada anggota yang ikut agar dapat dipahami dengan baik. Selain itu, terdapat usulan pembuatan blog atau website paguyuban untuk dimasukan tulisan dari para anggota. “Harapan saya untuk anggota paguyuban agar melihat kegiatan ini penting dan membuat kita maju,” tutur mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Unima ini.

Ia juga mengharapkan kehadiran para pengurus Kmmalra dalam berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan ke depan. (rf)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *