Rektor UPH Beri Kuliah Umum di UTSU Manado

  • Whatsapp
Rektor Universitas Pelita Harapan (UPH) Jakarta, Dr. Jonathan Limbong Parapak, M.Eng.Sc memberikan kuliah umum di UTSU Manado (foto : detikmanado)

MANADO, DetikManado.Com – Rektor Universitas Pelita Harapan (UPH) Jakarta, Dr. Jonathan Limbong Parapak, M.Eng.Sc, Senin (19/11/2018), memberikan kuliah umum kepada civitas Universitas Teknologi Sulawesi Utara (UTSU), bertempat di Aula kampus UTSU Jalan santo joseph Manado.

Kegiatan yang mengambil tema ‘Meningkatkan Kualitas SDM Melalui Pendidikan Holistik Memasuki Era Digital, Era Disruptive Technology dan Era Industri 4.0’, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan sambutan Rektor UTSU, Ruano Senduk, SE, MM yang diwakili Wakil Rektor I Bidang Kademik, Drs. Frans Lompoliuw, MM.

“Atas nama keluarga besar UTSU, kami sangat berterima kasih kepada Rektor UPH, telah meluangkan waktu untuk berbagi ilmu dan memberikan motivasi kepada kami” jelas Lompoliuw seraya berharap akan terjalin terjasama antara kedua kampus tersebut.

suasana kuliah umum di UTSU Manado (foto : detikmanado.com)

Sementara itu, dalam materinya Rektor UPH, menyampaikan sumber daya manuasia dimasa mendatang diprediksi akan mengalami perubahan seiiring kecanggihan teknologi. Untuk itu, mengasah kemampuan dan kreativitas akan sangat berguna dikemudian hari.

“Kita melihat banyak perubahan yang terjadi mulai dari telekomunikasi, transpotasi, robot, rumah, nano technology, bio technology, gene splicing dan education, semua itu perkembangan-perkembangan yang mulai kita rasakan saat ini,” jelas Parapak.

Lebih lanjut mantan direktur utama Indosat tahun 1980-1991, memberikan tips untuk menghadapi perkembangan dunia memasuki era digital, era disruptive technology dan era industri 4.0, dengan resep 10 C, yakni ciritical, creativity, communication, colaborasi, craisenter, carakter, calling, commitment competensi dan compration.

Pada akhir kuliah umum, Parapak yang merupakan alumni Universitas Tasmania Australia, memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa UTSU, dengan membagi pengalaman hidupnya sebagai anak desa yang berjuang dari nol, dan saat ini menjadi salah seorang yang boleh dibilang sukses.

Pria kelahiran Rantepao Toraja Sulawesi Selatan 12 Juli 1942 ini, tercatat memulai karir sebagai staf PT Indosat, pada tahun 1969, kemudian dipercaya menjabat Direktur Utama perusahaan telekomuniasi tersebut tahun 1980 hingga 1991, ia juga menduduki posisi sekretaris jenderal pada ke Departemen Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi tahun 1991-1999.

Selain itu, Parapak juga pernah menduduki posisi komisaris pada sejumlah perusahaan nasional, diantaranya

PT First Media Tbk, PT Multipolar Tbk, PT Matahari Department Store Tbk, PT Matahari Putra Prima Tbk, PT Lippo Karawaci Tbk, , PT Siloam International Hospitals Tbk dan PT Link Net Tbk.

Kegiatan tersebut dihadiri sejulah pejabat di lingkungan UTSU, dari pantawan DetikManado, nampak Wakil Rektor III, Drs. Marthen Tombeg, MM, para dekan, kaprodi dan sejumlah dosen serta ratusan mahasiswa kampus tersebut. (red)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *