SMAN 1 Tombariri Sukses Menggelar Pelatihan Jurnalistik Siswa

Kepala SMAN 1 Tombariri Alex Pungus SPd MAP, didampingi Ketua JPS Julkifly Madina bersama nara sumber serta para siswa foto bersama usai kegiatan, Senin (7/8/2023). (Foto: Dokumentasi SMAN 1 Tombariri)

Tombariri, DetikManado.com – Puluhan siswa SMAN 1 Tombariri, Senin (7/8/2023), mengikuti pelatihan jurnalistik yang disampaikan oleh Jurnalis Pendidikan Sulut (JPS).

Pelatihan Jurnalistik yang digelar di ruang Kelas 12 IPS 1 ini dibuka secara resmi oleh Kepala SMAN 1 Tombariri Alex Pungus SPd MAP, didampingi Ketua JPS Julkifly Madina.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Alex Pungus menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan itu sangat bermanfaat bagi para peserta didik di sekolah. Karena bisa mendapat pengetahuan terkait bagaimana menjadi jurnalis, termasuk kemampuan menulis.

“Apalagi dunia jurnalistik ini sangat penting, kita bisa mengetahui berbagai informasi di belahan dunia yang lain karena adanya jurnalis,” ujar Alex Pungus.

Dia mengatakan, melalui pelatihan itu ada peluang bagi para siswa yang nantinya memiliki minat untuk bisa menjadi jurnalis yang professional.

“Bukan tidak mungkin, ada siswa yang nantinya bisa menjadi jurnalis professional,” ujarnya.

Materi pertama mengenai Pengantar Pers dan Jurnalistik disampaikan oleh Pemred DetikManado.com Yoseph E Ikanubun. Dia memaparkan terkait pengertian pers, sejarah perkembangan pers, hingga jenis-jenis media massa.

“Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi melalui media cetak, elektronik, dan saluran lain yang tersedia,” papar Ikanubun yang juga Ahli Pers dari Dewan Pers ini.

Ikanubun kembali menyampaikan materi kedua mengenai Mengidentifikasi dan Menangkal Hoaks. Dia membahas tentang misinformasi dan disinformasi, serta contoh-contohnya. Misinformasi adalah informasi yang salah, namun orang yang membagikannya percaya itu benar.


Pemaparan materi terkait Pengantar Pers dan Jurnalistik. (Foto: Dokumentasi SMAN 1 Tombariri)
Komentar Facebook

Pos terkait