Tim Lacak Sukses Raih Juara 2 di Lomba Orasi Unjuk Rasa Piala Kapolri

Manado,DetikManado.com -Tim ‘Lacak’ sukses meraih juara ke 2 tingkat Polda Sulut dalam lomba Orasi Unjuk Rasa memperebutkan Piala Kapolri  dalam rangka memperingati hari HAM se Dunia tanggal 10 Desember 2021 mendatang.

Dalam orasinya, demonstran yang beranggotakan sejumlah jurnalis tersebut, mendesak kepolisian untuk memberikan perlindungan kepada seorang jurnalis serta kebebasan pers dalam pemberitaan yang sudah diatur dalam UU no 40 tahun 1999.

Lomba orasi unjuk rasa ini dibuka oleh Wakapolda Sulut Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir, ditandai dengan penyerahan megaphone kepada salah satu perwakilan peserta, dan dihadiri oleh Kabid Humas Kombes Pol Jules Abraham Abast dan para pejabat utama Polda.

“Lomba ini bertujuan untuk memberikan ruang kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan ekspresinya sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana cara menyampaikan aspirasi sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku,” ujar Isir,Jumat (03/12/2021).

Lomba ini menunjukan komitmen Polri untuk menghargai aspirasi dari masyarakat, karena penyampaian pendapat dijamin di dalam Pasal 28 Undang-Undang Dasar 1945 dan Undang-Undang nomor 9 tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum.

“Polri selalu menghargai dan menghormati hak asasi manusia dalam bentuk mengawal demokrasi dengan melindungi warga negara yang menyampaikan pendapat di muka umum,” jelas Isir.

Pada kesempatan itu juga, Wakapolda menitipkan pesan kepada seluruh peserta agar tetap mematuhi protokol kesehatan 5M di tengah pandemic Covid-19.

“Berikan contoh yang baik dan jangan abai protokol kesehatan,” pungkasnya.

Untuk diketahui yang berhasil keluar sebagai juara 1 adalah tim Che Guevara dan akan mewakili Polda Sulut di lomba orasi Unjuk Rasa memperebutkan Piala Kapolri di Jakarta.(ml)

Komentar Facebook