Tingkatkan Herd Immunity di Masyarakat, IKASTARA Gelar Vaksinasi Massal di Manado

  • Whatsapp

Manado, DetikManado.com – Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (IKASTARA) menggelar vaksinasi massal sebagai upaya membantu pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus Covid-19, yang dilaksanakan di Auditorium Universitas Sam Ratulangi ( Unsrat) Sabtu (11/09/2021).

Ketua Harian Pengurus Pusat IKASTARA
Hafif Assaf menuturkan kegiatan ini terselenggara oleh pengurus pusat dan cabang Manado Kawanua.

“Kami juga mendapat dukungan dari Pemprov dan Polda Sulut dan TNI Kodam XIII/Merdeka serta Unsrat Manado berupa fasilitas dan relawan dari berbagai elemen,” ujarnya.

Lanjut Hafif, dalam kegiatan ini pihaknya mengedepankan kolaborasi atau gotong-royong karena pandemi Covid-19 ini tidak bisa selesaikan oleh pemerintah saja namun semua masyarakat harus bergandengan tangan baik Komunitas sosial maupun pihak swasta.

“Jadi saya pikir ini salah satu inisiasi yang sangat bagus dan kami juga telah melaksanakan di beberapa kota diantaranya Kota Kudus, Jawa Tengah sebanyak 10.000 dosis, kemudian terakhir dilaksanakan di Universitas Gajah Madah berkolaborasi dengan Polda Daerah Istimewa Yokyakarta,” bebernya.

Dia juga mengatakan, di Kota Manado sendiri yang terdaftar sekitar 1000 dosis yang bisa dimanfaatkan secara optimal dan untuk jenis vaksinnya sendiri yaitu Sinovac, Astra Zeneca, Bio Farma dan Moderna.

“Pelaksanaan vaksinasi ini hanya berlangsung 1 hari dan untuk dosis ke 2 satu bulan sesudahnya sedangkan hari ini kami menerima vaksin tahap 1 dan 2,” jelasnya.

Pihaknya juga mengapresiasi atas dukungan dari Wakapolda Sulut yang sangat tinggi yang dimana dirinya adalah alumni angkatan pertama.

“Dari hasil pembicaraan dengan Kaban Kesbangpol dan Dinkes Sulut kita berharap kegiatan ini tidak hanya di Manado tetapi bisa di tempat lain yang serapan vaksinasinya masih rendah seperti daerah Bolmong Raya,” katanya.

Sementara itu Wakapolda Sulut Brigjen Pol Jhonny Isir mengaku mengapresiasi kolaborasi pelaksanaan vaksinasi yang di inisiasi oleh IKASTARA yang dilakukan di Unsrat tersebut.

“Jadi pelaksanaan ini adalah kolaborasi Dinkes Sulut,TNI dan Polri . Artinya ini untuk mempercepat tercapainya Herd Immunity karena itu bagian dari strategi besar penanganan pandemi Covid-19,” ucap Isir.

Karena strategi besar yang pertama adalah perubahan perilaku yaitu disiplin Prokes, kemudian vaksinasi yang harus dipercepat lajunya serta penguatan kapasitas kualitas Testing, Tracing, dan Treatment.

“Pandemi Covid-19 ini bisa diatasi ketika semua bersama-sama berkolaborasi atau bergotong-royong,” imbaunya.

Wakapolda berharap untuk Kabupaten Bolang Mongondow dalam waktu 1 minggu ini bisa direalisasikan terkait dengan vaksinasi ini karena jika masyarakat telah vaksin roda ekonomi akan berputar serta sektor-sektor yang strategis bisa beroperasi lebih lama kembali.

“Ayo mari jo torang ba vaksin, Sulut hebat, Sulut sehat, Sulut tangguh, Sulut produktif, Indonesia maju,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan ini Kaban Kesbangpol Sulut Steven Liow dan Kadis Dinkes Debby Kalalo bersama pengurus IKASTARA pusat.(ml)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email