Unsrat Manado Meluncurkan Portal INSPIRE

  • Whatsapp
Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA.

Manado, DetikManado.com – Memperingati Hardiknas tahun 2020, Unsrat Manado meluncurkan sebuah portal baru sebagai sistem informasi kampus yang akan mendukung proses akademi.

“Salah satu wujud dari tekad kita membangun Unsrat digital ini adalah dengan mempersiapkan sebuah portal digital baru yang kita beri nama INSPIRE,” ujar Rektor Ellen Kumaat, Sabtu (02/05/2020).

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, diperlukan sebuah portal yang baru karena sejak tahun 2010 Unsrat telah memiliki sebuah sistem informasi yang dibeli dari penyedia/pihak ketiga yang sampai saat ini masih digunakan. Khususnya untuk mendukung proses akademik. Seiring waktu, berbagai kebutuhan baru di bidang akademik maupun non-akademik bermunculan.

“Hal ini mendorong kita untuk mulai mengembangkan sistem informasi kampus kita sendiri serta mengurangi ketergantungan pada pihak ketiga,” jelas Kumaat.

Komitmen ini diwujudkan dengan dibentuknya sebuah tim programmer di bawah UPT TIK Unsrat pada awal tahun 2017 dan hingga saat ini telah menghasilkan lebih dari 80 aplikasi.

“Dengan kompleksitas aplikasi yang semakin tinggi tersebut, dan juga untuk mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan baru di masa yang akan datang, sangat perlu untuk segera mensinergikan seluruh sistem yang terpisah – pisah ini dalam sebuah portal yang terintegrasi,” tuturnya.

Portal ini dapat digunakan mulai dari mahasiswa, dosen, pegawai, alumni sampai dengan orang tua mahasiswa, dimana para pengguna hanya memerlukan 1 akun sign in untuk mengakses layanan-layanan digital yang ada di Unsrat (1 pintu digital).

“Secanggih-canggihnya teknologi, namun jika tidak dibarengi dengan perubahan dalam diri kita sendiri, dalam wujud produktivitas dan efektifitas kerja, maka teknologi itu sendiri akan sia-sia,” kata Kumaat. (ml)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *