Wasrik Itwasum Polri Periksa Laporan Keuangan dan Pengadaan di Polda Sulut

  • Whatsapp
Taklimat awal pelaksaan Wasrik Itwasum Polri di Polda Sulut. (foto : Ist)

MANADO, DetikManado.com – Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri melakukan Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) Tahap II Tahun Anggaran 2019 di Polda Sulawesi Utara (Sulut) dan jajaran, Senin (20/05/2019).

Tim Wasrik yang dipimpin Kombes Pol Darmawan ini melakukan pemeriksaan terhadap pertanggungjawaban keuangan dan dokumen pengadaan barang/jasa pemerintah yang belum diperiksa pada tahun 2018 serta capaian kinerja Satker dan pelaksanaan tugas fungsi.

Bacaan Lainnya

“Selain pertanggungjawana keuangan, yang akan di wasrik yaitu temuan berulang dari hasil Wasrik internal Itwasum Polri dan eksternal BPK RI,” jelas Darmawan.

Sementara itu, Kapolda Sulut Irjen Pol R. Sigid Tri Hardjanto dalam sambutannya, menyambut baik kedatangan tim dari Mabes Polri ini, karena wasrik merupakan salah satu fungsi menentukan keberhasilan pelaksanaan tugas Polri.

“Melalui Wasrik, dapat diukur tingkat efektifitas, efisien, produktifitas, kapabilitas dan akuntabilitas dari satuan-satuan Polri, atau dengan kata lain, melalui Wasrik dapat diketahui sejauh mana keberhasilan pencapaian sasaran-sasaran yang telah ditetapkan, dan apakah tugas-tugas telah dilaksanakan secara baik dan benar,” tutur Sigid.

Selain itu, mantan Kepala STIK Lemdiklat Polri ini juga berharap agar Tim Wasrik dapat memberikan masukan yang berguna, terutama bagi kemajuan dan peningkatan kinerja Polda Sulut dan jajaran.

“Kepada seluruh Kepala Satuan Kerja (Kasatker) tingkat Polda maupun kewilayahan, agar menyiapkan Satkernya sebagai obyek Wasrik serta memberikan masukan dan data yang diperlukan, tanpa ada yang ditutup-tutupi, sehingga Wasrik dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan,” pungkasnya.

Dari pantauan DetikManado.com di aula Tribrata Polda Sulut, pada hari pertama Wasrik, tim memeriksa satker-satker Polda seperti Biro SDM, Biro Rena, Dit Propam, Biro Logistik dan beberapa satker Polda lainnya.

“Senin sampai Rabu pemeriksaan di Satker Polda, sedangkan kewilayahan seperti Polres nanti hari Kamis sampai Sabtu,” jelas salah seorang staf Polda.

Rencananya tim Wasrik akan berada di Polda Sulut hingga Senin 27 Mei 2019 pekan depan. (red)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.