8 Tangsin dan 7 Kio Bakal Turun Saat Cap Go Meh di Manado

  • Whatsapp
Proses Pengasahan Pedang di Klenteng Kwan Kong Manado.

Manado, DetikManado.com – Perayaan Cap Go Meh yang dirayakan tiap tahun oleh masyarakat Tridharma, sudah menjadi agenda yang dinantikan masyarakat Kota Manado.

Seperti diketahui, setiap perayaan Cap Go Meh atau biasa dikenal masyarakat dengan istilah Tapikong, selalu dipadati oleh ribuan masyarakat yang ingin menyaksikan ritual ini.

Bacaan Lainnya

Ketua pelaksana Cap Go Meh 2571 Ridwan Sanyoto mengatakan, Cap Go Meh tahun ini akan digelar pada Sabtu (08/02/2020) mulai pukul 16:00 Wita, dengan rute seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu melewati kawasan Kampung Cina Manado. “Tentunya atas kerja sama masyarakat Tridharma bersama Pemerintah Kota Manado,” ucap Ridwan kepada DetikManado.com, Kamis (06/02/2020).

Lanjut Ridwan, dari 10 klenteng yang tercatat dalam Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Manado, hanya 6 klenteng yang akan mengikuti Cap Go Meh tahun ini. Untuk Klenteng Ban Hin Kiong (BHK) tidak mendapat restu turun arak-arakan tahun ini. Sehingga 3 klenteng yang mengikuti dari klenteng BHK juga tidak turun. “Karena klenteng harus mendapat restu dulu melalui kesepakatan bersama dan ritual Poa Pwe, untuk turun arak-arakan ke jalan,” terangnya.

Dia menambahkan, 8 Tang Sin dan 7 Kio, akan diturunkan pada Cap Go Meh ini. “Diikuti Arak-arakan non ritual yang disiapkan Pemkot Manado,” ujarnya.

Ridwan juga mengajak masyarakat, untuk menjadikan momen perayaan Cap Go Meh, untuk berdoa agar semua kegiatan sepanjang tahun dapat berjalan dengan baik. Saling menjaga toleransi antar umat beragama dan saling menopang satu dengan lainnya. “Seperti moto kita Torang Samua Basudara,” pungkasnya.

Pantauan DetikManado.com, Kamis (06/02/2020) siang, proses pengasahan pedang sedang berlangsung di Klenteng Kwan Kong Manado. (fiq)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *