Bank Indonesia Menggelar Festival Ekonomi Syariah 2019

  • Whatsapp
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulut menyelenggarakan pameran Festival Ekonomi Syariah yang digelar di atrium Mantos 3, Jumat (06/09/2019).

Manado,DetikManado.com – Dalam rangka meningkatkan kualitas di bidang ekonomi masyarakat, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulut menyelenggarakan pameran Festival Ekonomi Syariah yang digelar di atrium Mantos 3, Jumat (06/09/2019).

“Kita akan mengembangkan ekosistem halal di Indonesia  yang mencakup infrakstruktur, UMKM, fasilitasi sertifikasi halal serta mengembangkan produk-produk pasar keuangan syariah,” ujar Eko Adi Riyanto Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulut.

Bacaan Lainnya

Lanjutnya, BI juga terlibat di lembaga-lembaga internasional untuk menyuarakan kepentingan Indonesia, karena Indonesia ini adalah negara muslim terbesar yang merupakan pasar terbesar juga untuk produk halal. “Karena itu kita musti punya suara di forum-forum Internasional dan kami juga terlibat penyusunan dalam standar internasional terkait ekonomi syariah misalnya standard mengenai zakat dan wakaf di internasional itu sudah ada dan BI mengambil peran cukup strategis di situ,” ungkap Riyanto.

Dirinya juga mengakui, justru di Sulut lebih sedikit maju, dibandingkan dengan pulau Jawa, yang mungkin asumsi penduduk muslimnya banyak kemudian sehingga untuk logo halaltidak mudah menemukannya. Dibandingkan dengan Sulut yang lebih jelas dan mudah logo halal walaupun bukan halal MUI. “Sebagian sudah ada dan hal ini yang akan kita sosialisasikan dan kita dorong karena Sulut ini akan menjadi pusat pariwisata Indonesia, dan tentunya kita harus siap dengan segala yang dibutuhkan para turis termasuk ekosistem halalnya,” bebernya.

Sementara itu Gubernur Sulut Olly Dondokambey melalui Asisten II Bidang pembangunan dan perekonomian Drs M Rudi Mokoginta mengatakan Pemprov Sulut sangat mengapresiasi kegiatan ini karena bisa memberi informasi pada masyarakat, bahwa ada kegiatan- kegiatan terkait dengan ekonomi syariah. “Tentunya ini akan memberi banyak pilihan kepada masyarakat untuk bisa berpartisipasi di dalam pembangunan termasuk di Sulut,” pungkasnya.

Festival Ekonomi Syariah ini akan berlangsung dari tanggal 6-7 September 2019 dengan kegiatan antar lain perlombaan, talkshow, seminar, serta beauty class.(ml)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *