Belajar Jurnalisme Warga di Tondei Minahasa Selatan

  • Whatsapp
Swadi Sual memaparkan materi pengantar filsafat. (Foto: DetikManado.com/Richard Fangohoi)

Minsel, DetikManado.com – Sejumlah anak muda mengikuti kegiatan pelatihan jurnalisme warga di ruangan kelas SD Inpres Tondei Satu, Kecamatan Motoling Barat, Minahasa Selatan (Minsel), Sulut, Rabu (26/8/2020).

Kegiatan itu dilakukan atas kerja sama antara Solidaritas Masyarakat Tondei Satu Demi Keadilan (SMTSDK) dan komunitas Touweru.

Bacaan Lainnya

Perwakilan SMTSDK Yanli Sengkey mengatakan, kegiatan tersebut untuk membina generasi muda Desa Tondei agar lebih peka dengan jurnalistik.

“Karena di desa juga, pemerintah desa banyak permasalahan, penting untuk warga tahu,” ujarnya.

Sengkey menyebutkan, UU Desa tahun 2014 telah mengatur soal jurnalisme warga. Tujuannya, generasi muda lebih bijak dan peka terhadap masalah-masalah atau isu sosial yang terjadi di desa.

 Ia mengatakan, kegiatan yang dilakukan itu cepat, namun justru peserta antusias. Sedangkan, masyarakat Tondei Satu mendukung kegiatan jurnalisme warga tersebut.

Perwakilan SMTSDK Yanli Sengkey. (Foto: DetikManado.com/Richard Fangohoi)

“Mereka mendukung peserta yang hadir, supaya ke depan membawa desa Tondei menjadi lebih baik,” pungkasnya.

Para peserta jurnalisme warga Tondei Satu terdiri dari beberapa anak muda dari Desa Tondei Satu. Selain itu, kegiatan ini diikuti perwakilan organisasi pergerakan mahasiswa.

Salah satu peserta kegiatan, Priskilla Gerung menyebutkan beberapa materi yang diberikan yakni pengantar filsafat, retorika dan jurnalisme.

“Dengan mengikuti ini dapat menambah wawasan dan juga pada hari-hari yang akan datang, jika saya sudah kuliah sudah mendapat materi-materi ini dari sekarang,” tuturnya.

Untuk diketahui, TumondeiNews adalah media jurnalisme warga yang dibentuk warga Desa Tondei Satu. (rf)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait