Berbagi Pengalaman Bisnis Online di Tengah Pandemi, John: Kita Bisa Survive

  • Whatsapp
Webinar JNE Ngajak Online 2021 di Manado.

Tondano, DetikManado.com – Setelah berbagi pengalaman, John Sorongan, selaku Sekretaris Koperasi Serba Usaha (KSU) Bahari Jaya memberikan rasa optimis untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang menjalankan bisnisnya di tengah pandemi Covid-19.

Rasa optimis itu berangkat dari pengalaman John dan pihaknya yang sempat menerima tawaran ekspor untuk produk budidaya ikan, yang tak disangka ketika terjadi pandemi Covid-19 dan menghambat proses distribusi.

Bacaan Lainnya

“Kalau kita mau berusaha dan mau maju, jangan berfikir mau sukses dulu. Harus mampu biasa adaptasi dengan perubahan,” kata John dalam webinar Via Zoom Meeting Gollaborasi Bisnis Online bertajuk JNE Ngajak Online 2021 – Goll…Aborasi Bisnis Online, Rabu (14/7/2021), di Kota Manado, Sulut.

Menurut John, perubahan belum tentu akan menghasilkan yang diharapkan. Akan tetapi, bila ingin maju maka perubahan dilakukan dan tergantung diri sendiri.

“Seperti yang Ibu Mila sampaikan yaitu mind set,” lanjut Sorongan yang setuju dengan pernyataan Mila, selaku pemilik Dapur Aisyah dalam webinar tersebut.

Pada kesempatan tersebut, ia mengatakan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta pihaknya melakukan pelatihan untuk usia di bawah 30 tahun dengan tingkatan UKM baru, seperti membuat takoyaki dan okonomiyaki.

“Jadi tetap optimis meski sakit hati dan kecewa. Kita bisa survive karena kita mengandalkan tuhan, doa dari teman-teman dan keluarga,” kunci John.

Diketahui, dalam webinar tersebut dibuka oleh Kepala Cabang Utama JNE Manado, Julianus Barthen. Julianus berharap webinar ini mampu mendukung perekonomian pelaku usaha di Sulut terutama Manado untuk terus ekspansi bisnisnya. (***/rf)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait