“Botak”, Upaya Mengendalikan Sampah Plastik oleh Pemkot Bogor

Narasi, Inspirasi dan Kebijakan Dalam Pengelolaan Sampah Plastik di Perkotaan" pada acara Green Press Community di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Jakarta, DetikManado.com – Plastik semakin hari semakin tinggi volume penggunaannya. Jika tidak ditangani, atau hanya dibiarkan menjadi sampah, akan menyebabkan permasalahan bagi lingkungan dan manusia.

Seperti diketahui, sampah plastik sulit terurai oleh proses alam (non-biodegradable), dan merupakan salah satu pencemar xenobiotik (pencemar yang tidak dikenal oleh sistem biologis di lingkungan mengakibatkan senyawa pencemar terakumulasi di alam).

Bacaan Lainnya

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Abdu Rachim menyampaikan, bahwa Pemerintah Kota Bogor telah melakukan berbagai upaya dalam menangani permasalahan sampah plastik. Salah satunya melalui gerakan “Bogor Tanpa Kantong Plastik,” atau yang disingkat “Botak”.

Hal itu disampaikan Dedie dalam konferensi “Narasi, Inspirasi dan Kebijakan Dalam Pengelolaan Sampah Plastik di Perkotaan”, salah satu agenda Green Press Community yang diadakan oleh Masyarakat Jurnalis Lingkungan Indonesia (The Society of lndonesia Environmental Journalists/SIEJ) di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Komentar Facebook

Pos terkait