Cedera Pemain, Latihan Tertutup, dan Laga Tandang Sulut United ke Papua

  • Whatsapp
Sulut United saat menjalani latihan tertutup di Stadion Klabat Manado.

Manado, DetikManado.com – Sulut United akan menghadapi PSBS Biak dalam laga perdana Liga 2 di markas tim asal Papua itu, Minggu (15/03/2020) mendatang. Tepat 2 bulan setelah tim besutan Ricky Nelson menjalani latihan perdana pada, Rabu (15/01/2020) silam.

Waktu persiapan yang dijalani Yudi Khoerudin dkk lebih lama dibanding musim lalu yang hanya sekitar 2 minggu. Namun hal itu tidak otomatis membangkitkan optimisme skuad yang musim lalu bernama Bogor FC Sulut United ini. Hal ini paling tidak tergambar dari beberapa poin seperti cederanya sejumlah pemain dan kekhawatiran Nelson jika strateginya diintip tim lawan sehingga harus latihan tertutup.

Bacaan Lainnya

Informasi yang dihimpun menyebutkan, sekurangnya 6 pemain Sulut United berada dalam kondisi cedera dan tidak fit untuk menjalani laga pembuka di Biak. Mereka adalah Michael Rumere (cedera patah tulang bahu), Mahadirga Lasut (pemulihan pasca operasi), Ryan Kurnia, Seprian Lasut, Haris Hardiansyah, dan Andre Oriza. Satu lagi pemain yakni Elthon Maran juga masih di bawah form. Karena baru bergabung dengan tim setelah pulang ke Papua. Dalam laga uji coba melawan Morotai United, Senin (09/03/2020), Maran diturunkan di pertengahan babak kedua. Sayangnya, hanya beberapa menit bermain, dia harus ditarik keluar karena penampilannya yang tidak maksimal.

Saat pertandingan uji coba menghadapi tim asal Maluku Utara itu, Nelson juga harus kehilangan salah satu pemain kuncinya yakni Andre Oriza. Andre bahkan harus digotong keluar lapangan. “Andre harus beristirahat panjang selama 3 bulan. Kami harus cari pengantiannya,” ungkap Manajer Sulur United Muhammad Ali Ridho, Rabu (11/3/2020).

Dengan sisa satu stok bek kiri yang ditempati Gusti Sandria, mau tidak mau manajemen Sulut United bergerak cepat mencari pengganti Andre. Salah satu pemain yang disebut-sebut bakal bergabung adalah Zulrichal Abdul Gamal, eks pemain Mitra Kukar di Liga 2 Indonesia.

Selain dililit persoalan cedera pemain, hal yang baru terlihat di Sulut United adalah kebijakan Nelson untuk menggelar latihan secara tertutup selama 2 hari terkahir. Ini berbeda dengan musim lalu di mana setiap latihan selalu berlangsung terbuka. Bahkan saat official training juga dilakukan terbuka. “Pasti normal. Semua tim dalam persiapan menghadapi pertandingan tidak boleh ada lawan tahu,” ungkapnya.

Dia mengatakan, pihaknya tidak bisa mengantisipasi ada orang yang tiba-tiba datang merekam latihan mereka lalu memberikan kepada lawan. “Atau memposting di medsos. Itu berbahaya. Karena latihan itu terkait bagaimana kita menetapkan pemain dan taktikal,” jelasnya.

Sedangkan terkait peluang dalam laga away ke Biak, dia mengaku bukan pertandingan yang mudah. Namun jika timnya bisa mendikte permainan maka ada peluang untuk meraih poin. “Pertandingan yang tidak mudah karena kita away. Tapi tekanan bukan di kita, melainkan tuan rumah. Semoga kita biasa atasi, meng-handle tempo permainan dan dapat poin,” pungkas Nelson.

Dalam dua laga away di Papua nanti, Sulut United memboyong 20 pemain untuk menjalani pertandingan menghadapi PSBS Biak, Minggu (15/03/2020) dan Persewar Waropen, Kamis (19/03/2020) mendatang. (joe)

Daftar Pemain Sulut United ke Tur Papua

1. Rizky Darmawan (GK)

2. Fery Bagus (GK)

3. Mahdi Albaar

4. Habibi

5. Gusti Sandria

6. Yudi Khoerudin

7. Adi Parwa

8. Jacky Runtulalo

9. Idham Jauhari

10. Rossi Noprihanis

11. Lucky Wahyu

12. Busari

13. Daud Kotulus

14. Dirga Lasut

15. Ilham Fatoni

16. Nathanael Siringoringo

17. Dani Namange

18. I Made Wirahadi

19. Eksel Euntukahu

20. Elthon Maran

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *