Gempa Bumi Tektonik M7,1 Menghentak Warga Sulut

Manado, DetikManado.com –  Warga di beberapa daerah Sulut seperti Manado, Bitung, Minut, Sangihe, dan Talaud dihentak goyangan gempa bumi sekitar pukul 16.49.40 Wita, Kamis (4/6/2020).

“Di Bolmong juga terasa gempa, kami cukup panic dengan guncangannya,” ujar salah satu warga.

Bacaan Lainnya

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update M=6,8. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.93 LU dan 128.19 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 99 km arah Utara Kota Daruba, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.

“Berada pada kedalaman 111 km,” ungkap Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktifitas subduksi Lempeng Laut Filipina.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau  thrust fault,” ujarnya.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Morotai IV MMI, Manado, Bitung, Minahasa, Bolmong, Ternate, Sitaro, Tahuna, Tobelo, Sofifi, dan Talaud II-III MMI.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” ungkapnya.  

Dia menegaskan, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 17.03 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya. (joe)

Komentar Facebook

Pos terkait